Budidaya Ikan Patin Dikembangkan di Bengkulu Selatan

Penebaran benih ikan
Penebaran benih ikan
Kominfo Mukomuko
Polda-SMSI Bengkulu.
Polda Bengkulu

Klikwarta.com, Bengkulu Selatan - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2019 mendatang berencana akan memfasilitasi bibit ikan Patin bagi para pembudidaya. Khususnya untuk 48 pembudidaya ikan Patin yang menjadi pilot projek budidaya ikan Patin di Bengkulu Selatan.

Dalam pengembangan ikan patin ini, program yang digagas yakni dengan melakukan pembesaran bibit ikan Patin.

Rencananya pembesaran bibit ikan patin dilakukan di tiga Balai Benih Ikan atau BBI milik Pemkab Bengkulu Selatan yakni di BBI Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim, Desa Rantau Sialang Kecamatan Kedurang dan kawasan Pematang Gambir Kecamatan Air Nipis.

“Jadi nanti pembesaran bibit kami lakukan di BBI. Kemudian setelah bibit berusia dua bulan baru disalurkan dengan para pembudidaya ikan Patin. Bibit kami jual dengan harga murah. Tujuannya itu ya untuk menekan biaya produksi khususnya biaya pakan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Novianto M.Si didampingi Kabid Perikanan Budidaya Nopi Supriyanto, Kamis (06/12).

DKP mencatat ada sebanyak 177 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang tersebar di tiga kecamatan di bengkulu Selatan. Diantaranya, di Kecamatan Seginim, Air Nipis dan Kedurang. Masing-masing anggota kelompok memiliki lahan seluas sekitar 1,5 hektar dengan perhitungan petak kolam yang dimiliki masing-masing sedikitnya dua petak kolam. Masing-masing Pokdakan beranggotakan 22 orang.

Dengan potensi ini,  Kepala DKP Novianto meyakini program kerjasama budidaya ikan air tawar antara pihak Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu, PT. CPP dan BNI yang digagas Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi dapat mensejahterakan pembudidaya ikan di Bengkulu Selatan.

“Pada dasarnya pembudidaya ikan air tawar ini boleh pilih. Mau kelola ikan Nila atau ikan Patin. Bentuk kerjasama yang terjalin itu untuk melakukan pembinaan sampai pemasaran yang merambah dunia industri,” tutup Novianto. (MC Bengkulu Selatan)

Dibaca: 13 kali

Related News