Dinkes Kota Antisipasi Campak Measles dan Rubella

Sosialisasi kampanye Campak Measles dan Rubella (MR)
Sosialisasi kampanye Campak Measles dan Rubella (MR)
Polda Bengkulu

Kota Benngkulu, Klikwarta.com – Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Senin (12/3/2018) melakukan sosialisasi kampanye Campak Measles dan Rubella (MR), yang dihadiri 60 peserta dari perwakilan Puskesmas Sekota Bengkulu.

Sosialisasi digelar, untuk memberikan informasi pelatihan dan edukasi bagi tenaga medis yang ada, tentang dampak dan risiko terhadap Campak Measles dan Rubella (MR). Tindaklanjutnya nanti akan dillakukan pemberian vaksin kepada masyarakat,  pada bulan Agustus mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilowati mengatakan,  pentingnya kampanye MR dikarenakan Campak MR dapat menyerang semua usia pada anak. "Imunisasi Rubella nantinya diadakan untuk memutus mata rantai penularan. Karena Rubella ini yang sering mengenai anak-anak usia Sembilan  bulan hingga 15 tahun", jelas  Susilawati.

Penegasan ini juga dikatakan Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon. Sosialisasi ini harus dilakukan secara rutin dan berkala, agar masyarakat memahami secara utuh informasi terkait MR tersebut. Kepada masyarakat di ingatkan,  bahwasanya filosofi penyakit itu tercipta dan sudah ada dari jaman dahulu, dan jangan melupakan  siapa pencipta dari penyakit itu sendiri.

Dari sisi agama jelas Marjon, pemahaman masyarakat juga harus di tekankan untuk kesadaran itu, yang saat ini jarang dimiliki oleh masyarakat dan tenaga kesehatan.

 "Pengobatan dan pencegahan sangat penting untuk dilakukan, namun jangan melupakan dari  sisi agama, pendekatan kepada sang pencipta juga patut untuk lebih di tekankan", jelas Marjon.

Dalam sosialisasi itu juga dijelaskan,  Rubella bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Penderita pada anak cenderung mengalami gejala yang lebih ringan dari pada orang dewasa. Tetapi ada juga penderita Rubella yang tak mengalami gejala apapun, tapi tetap dapat menular. Penyakit ini membutuhkan waktu 14 hingga 21 hari untuk menunjukan gejalanya.  Rubella penyakit menular yang disebabkan oleh virus.

Rubella, juga dikenal sebagai campak Jerman. Gejalanya  menyebabkan ruam merah dan suhu badan tinggi. Virus ini menyebar melalui droplet bersin atau ingus orang yang terinfeksi.

Sosialisasi yang menyangkut keperdulian pemerintah pada masyarakat itu selain dihadiri Sekda Kota Bengkulu Marjon, tampak Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi, Perwakilan dari Kementrian Agama Kota Bengkulu dan 60 peserta dari Kepala Puskesmas Sekota Bengkulu. (Ferdi)

Dibaca: 29 kali
kpu

 

Related News

prov