Yuk Visit Makam Inggris di Bengkulu

Makam Inggris
Makam Inggris
Polda Bengkulu

Klikwarta.com - Bengkulu merupakan kota yang banyak memiliki sejarah. Bagaimana tidak, peninggalan sejarah hingga saat ini masih ada walaupun sudah banyak tahap perbaikkan yang direnovasi dan sudah banyak yang rapuh dimakan usia. Ada benteng pertahanan, tugu, hingga tempat makam penjajahan pada masa itu. Inggris  adalah salah satu bangsa yang pernah menjajah Bengkulu pada zamannya. Dahulu, Inggris datang ke Bengkulu pada tahun 1650-an guna memperluas daerah kekuasaan di wilayah Asia Tenggara. Pada saat Inggris menetap di Bengkulu, banyak juga bangsa Inggris yang terkena penyakit dan meninggal dunia. Bangsa Inggris tersebut dimakamkan di tempat yang namanya Makam Inggris.
 
Kompleks makam Inggris merupakan makam Inggris terbesar diwilayah Asia Tenggara. Makam Inggris Sendiri terletak dijalan Veteran Kelurahan Jitra Kota Bengkulu. Faktanya, dahulu Makam Inggris menempati tanah yang cukup besar, yakni 4,5 hektar. Ditempati oleh kurang lebih 1000 makam, dan bentuk nisan serta ukuran yang berbeda-beda. Gaya ala orang-orang bangsawan Eropa pertengahan menghiasi nisan-nisan yang ada di makam Inggris tersebut. Namun, karena perkembangan zaman sekarang makam Inggris hanya tinggal 53 makam saja. 

Makam Inggris sendiri sebenarnya terletak di pusat kota dan di belakang gereja. Hanya sekitar 1 km dari Benteng Marlborough. Akan tetapi sekarang pusat kota sudah beralih ke jalan Suprapto. Disekitar makam Inggris juga sudah dipenuhi oleh rumah-rumah penduduk sekitar. Bahkan, penduduk sekitar juga mengatakan bahwa ada nisan yang terletak dirumah warga dan digunakan untuk pembatas sumur.

Bayu, penduduk setempat juga menerangkan bahwa “Makam Inggris kini sudah tidak seramai dahulu dikarenakan sudah banyak perubahan, bahkan oleh anak-anak sekitar, Makam Inggris ini lapangannya digunakan untuk mereka bermain bola” tuturnya.

“Dan semoga masyarakat Bengkulu juga tidak melupakan monument sejarah ini karena Makam Inggris merupakan bangunan yang telah lama berdiri pada zaman penjajahan dahulu”, Tambahnya.

Berkunjung ke makam Inggris pun sangat mudah. Karena letaknya yang strategis dan mudah untuk dikunjungi memudahkan para wisatawan untuk datang melihat keanekaragaman nisan-nisan yang ada di tempat itu. Masuk kesanapun kita diwajibkan untuk mengisi buku tamu dan tak ada tiket masuk yang ditetapkan. Cukup dengan uang sukarela, kita bisa sepuasnya melihat destinasi, berfoto, dan mengetahui sejarah-sejarah Bengkulu pada masa penjajahan Inggris. Pun demikian, karena zaman yang sudah berubah, wisatawan yang datang juga sudah mulai berkurang. Bahkan, oleh anak-anak sekitar makam Inggris, mereka menggunakan lapangan ditempat itu untuk bermain sepak bola. Ayoooooo kita sebagai bangsa yang besar harus mengetahui sejarah-sejarah dahulu. 

Kontributor : Dian Kurniati

Dibaca: 28 kali

Related News

mendes

 

prov