Ini Kata Panitia Soal Mahalnya Sewa Lapak di Festival Tabut

Pos Panitia di Festival Tabut
Pos Panitia di Festival Tabut
Polda Bengkulu

Klikwarta.com, Kota Bengkulu - Mahalnya biaya sewa lapak yang mencapai 8 juta rupiah disinyalir adalah hal wajar. Riskan Efendi (30), sebagai salah satu panitia pelaksana menuturkan, naiknya harga sewa lapak adalah hal biasa karena terkait akomodasi tranportasi tenda. 

Ada tiga macam harga sewa lapak yang berbeda berdasarkan besar kecilnya tenda yang disediakan. Mulai dari tenda khusus pameran, tenda lapak ukuran besar, dan yang terakhir adalah tenda lapak ukuran kecil khusus untuk para pedagang makanan. Nominal harga sewa untuk pelapak ukuran besar berkisar Rp 8 juta dan yang kecil antara Rp 1 juta-Rp 3 juta.

Lapak yang ada dan dibuka di festival Tabut ada dua penyedia, langsung dari panitia pelaksana dan juga warga yang ingin meyewakan langsung tendanya untuk para pelapak. Pihak panitia tidak menyebutkan keterkaitan berapa harga yang diberikan oleh warga untuk sewa lapak tersebut. Dari keterangan Riskan Efendi, pihak panitia telah menyediakan 150 tenda dan telah terisi penuh oleh para pelapak.

Dari penelusuran yang ada, kebanyakan pelapak berasal dari luar Kota Bengkulu. Tiga dari lima di antaranya adalah berasal dari Bandung, Jakarta, dan Palembang. Pelapak juga menuturkan dengan diadakannya Festival Budaya Daerah ini membawa berkah dan keuntungan sendiri jika dibandingkan dengan penjualan sehari-hari. Dari beberapa Festival Daerah berbagai kota, Festival Tabutlah yang lebih meriah dari festival-festival lainnya. (Bisri) 

Dibaca: 48 kali

Related News

mendes

 

prov