Jelang Pilkada 2020 di Bengkulu, Dewan Pers Undang 60 Pemimpin Redaksi dan Wartawan untuk Workshop

Minggu, 11/08/2019 - 12:43
Logo Dewan Pers
Logo Dewan Pers

Klikwarta.com - Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden & Wakil Presiden sudah di depan mata. Saat ini, iklan dan pemberitaan tentang partai politik, calon legislatif dan bahkan kandidat Presiden/Wakil Presiden sudah bermunculan, bukan hanya di media namun juga di banyak ruang publik. Kemeriahan pesta rakyat lima tahunan ini memang sudah mulai terasa. Namun tentu saja penetrasi pemberitaan terkait pemilu melalui media baik media cetak, media elektronik serta media siber harus diakui lebih terasa di masyarakat karena menghadirkan kemasan yang beragam.

Pers menjalankan peran edukasi melalui informasi yang proporsional tentang pemilu, maka masyarakat juga akan diajak untuk berperan serta mengawasi tahapan persiapan pelaksanaan pemilu, penyelenggaran pemilu, termasuk peserta pemilu nantinya. Interaksi masyarakat dalam pemberitaan pemilu oleh pers juga akan sangat membantu untuk melihat parameter tingkat kesuksesan persiapan jelang pemilu.

Sehubungan dengan itu, Dewan Pers akan mengadakan Workshop “Peliputan Pasca Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Oleh Media di Bengkulu”. Workshop akan diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari perwakilan pengurus organisasi konstituen Dewan Pers, para pemimpin redaksi media cetak, televisi, radio dan online, juga para wartawan kontributor nasional. 

Berdasarkan jadwal acara yang ada, dilansir Bengkulutoday.com, workshop akan dilaksanakan pada Kamis (15/8/2019) di Grage Hotel Kota Bengkulu. 

Tiga topik yang diangkat dalam workshop yakni:

  1. Peliputan pilkada 2020, belajar dari peliputan pemilu 2019. Pada materi ini akan diisi oleh Hendry Ch Bangun yang juga anggota Dewan Pers.
  2. Pemberitaan pers pasca pemilu 2019 dalam menjaga keutuhan dan kestabilan sosial menuju pilkada 2020. Materi ini akan disampaikan oleh KPU atau Bawaslu.
  3. Peliputan pemilu 2019 mengawal janji-janji kampanye. Materi ini akan disampaikan oleh Agus Sudibyo yang juga anggota Dewan Pers.

daftar media

Daftar undangan workshop Dewan Pers di Bengkulu

(**)

a

TMMD

 

Related News