Kuatkan Nasionalisme, Dandim Berikan Materi Wasbang Mahasiswa Universitas Tulungagung

Jumat, 16/09/2022 - 18:45
Dandim Tulungagung saat memberikan materi wasbang
Dandim Tulungagung saat memberikan materi wasbang

Klikwarta.com, Tulungagung – Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto S.I.P memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para mahasiswa baru Universitas Tulungagung Jl. Ki Mangunsarkoro Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Jumat (16/09/2022).

Kegiatan digelar Universitas Tulungagung dalam rangka Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Sebelum pemberian materi wawasan kebangsaan oleh Dandim, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh mahasiswa baru kampus Universitas Tulungagung. Dalam kesempatan tersebut Letkol Czi Nooris memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya Pengetahuan Bela Negara agar tidak mudah terpecah belah oleh berbagai ancaman.

Bela Negara tidak bisa dilepaskan dari wawasan kebangsaan yang harus dimiliki oleh setiap insan warga negara Indonesia, dihadapkan dengan kehidupan kampus yang mempunyai pola pikir maju dan bebas. Mahasiswa harus mempunyai jiwa nasional yang tinggi yang bisa membawa kebaikan bangsa dan negara.

"Kita harus senantiasa membangun karakter bela negara pada diri kita masing-masing, sehingga bisa membela negara kita agar tidak terpecah belah oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab." terang Dandim.

.

"Negara Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya pemeluk agama islam. Sedangkan di dalam agama Islam saat ini banyak aliran dan faham fanatik yang berkembang, ini juga bisa menjadi potensi konflik jika kita tidak bisa selalu waspada dengan menanamkan jiwa nasional dan cinta tanah air." lanjut Dandim.

Dandim juga berharap agar mahasiswa-mahasiswa saat ini dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas, memiliki karakter yang tangguh dan menjadi agen di berbagai lini demi kemajuan sebuah negara. 

"Saya berharap sebagai mahasiswa dan generasi muda, kalian harus senantiasa menumbuhkan semangat untuk bersatu dan mampu menjadi generasi-generasi yang berkualitas, sehingga kedepan generasi muda Indonesia dapat memiliki karakter yang tangguh, sekaligus menjadi agen-agen perubahan di berbagai lini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara." tutup Dandim.

(Kontributor : Arif)

Related News