Pj. Walikota Batu Kerjasama dengan Jepang melalui Program Sister City 

Minggu, 21/01/2024 - 21:40
PJ. Walikota Batu, Aries Agung Paewai dan Vice Konsul Jepang di Surabaya
PJ. Walikota Batu, Aries Agung Paewai dan Vice Konsul Jepang di Surabaya

Klikwarta.com, Kota Batu - PJ. Walikota Batu, Aries Agung Paewai, menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam upaya mengembangkan Kampung Sakura menjadi destinasi wisata yang dikenal hingga tingkat nasional dan internasional. Dalam upayanya untuk mengukuhkan posisi Kota Batu sebagai tujuan wisata utama, Aries Agung Paewai mengumumkan rencananya untuk menjalin kerjasama dengan Negara Jepang melalui konsep “Sister City”.

“Saya akan mengembangkan potensi Kampung Sakura ini menjadi destinasi wisata yang dikenal hingga tingkat nasional dan internasional. Bahkan, saya berencana menjadikan sarana pembentukan Sister City dengan negara Jepang. Sehingga, kita akan mendapatkan bantuan dan dukungan dari Jepang,” tegas Aries Agung Paewai, Minggu ( 21/1/2024 ).

Rencana pembentukan Sister City akan menjadi langkah strategis dalam memperkuat hubungan antara Kota Batu dengan Jepang. Kerjasama ini tidak hanya akan fokus pada aspek pariwisata, tetapi juga melibatkan pertukaran budaya, pendidikan, dan ekonomi antara kedua belah pihak.

Dalam rangka mengimplementasikan rencana ini, PJ. Aries Agung Paewai akan menyusun program yang melibatkan tim dari Kampung Sakura. Tim ini akan dikirim ke Jepang dengan tujuan mempelajari lebih lanjut tentang budaya, kesenian, dan aspek lain yang dapat diadopsi untuk pengembangan Kampung Sakura di Kota Batu.

“Penting bagi kita untuk terus memperkaya dan mengembangkan Kampung Sakura dengan nuansa budaya Jepang yang autentik. Dengan mengirim tim ke Jepang, kami berharap dapat mendapatkan inspirasi dan pengetahuan baru untuk memperkaya pengalaman wisata di Kampung Sakura Batu,” tambahnya.

Melalui kerjasama ini, diharapkan Kampung Sakura dapat menjadi destinasi yang tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal, tetapi juga mengundang minat dari turis internasional yang mencari pengalaman wisata yang unik dan berbeda. Dengan demikian, Kota Batu akan semakin memperkokoh reputasinya sebagai destinasi wisata yang berkelas dan berdaya saing di tingkat internasional.

Vice Konsul Jepang di Surabaya, Nakagome Kota, dengan antusias merespon keinginan PJ. Walikota Batu untuk menjalin kerjasama melalui program Sister City antara Kota Batu dan Jepang. Dalam acara peresmian Kampung Sakura, Kota Batu, Nagakume Kato menyampaikan dukungannya terhadap usulan ini dan menyatakan niatnya untuk mengajukan proposal kerjasama ini kepada pihak berwenang di negaranya.

“Saya menyambut baik keinginan PJ. Walikota Batu untuk menjalin kerjasama melalui program Sister City dengan Jepang. Saya akan menyampaikan hal ini kepada atasanku, sehingga kita dapat melakukan pembahasan lebih intensif untuk menjabarkan program selanjutnya. Saya yakin dengan komunikasi yang terbuka, peluang untuk terciptanya kerjasama ini semakin terbuka lebar, dan kita berharap adanya kunjungan dari tim Jepang ke Kota Batu,” ujar Nakagome Kota.

Kerjasama Sister City merupakan langkah strategis dalam mempererat hubungan antara Kota Batu dan Jepang. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan akan tercipta kolaborasi yang erat dalam berbagai bidang, termasuk pariwisata, budaya, ekonomi, dan pendidikan.

Walikota Batu, Aries Agung Paewai, menyambut baik respons positif dari Vice Konsul Jepang. “Kami sangat menghargai dukungan dan respon positif dari pihak Jepang. Kami berharap melalui kerjasama Sister City, Kota Batu dapat memperkuat ikatan kerjasama bilateral dengan Jepang, terutama dalam pengembangan dan promosi destinasi wisata seperti Kampung Sakura ini,” kata Aries Agung Paewai.

Dengan langkah positif ini, diharapkan pembahasan lebih lanjut dapat segera dilakukan untuk merinci program kerjasama Sister City antara Kota Batu dan Jepang. Kesepakatan ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak dan memperkaya pengalaman wisata serta pertukaran budaya antara Kota Batu dan Jepang. (*)

Kontributor: Arif

Related News