Rakor P3MD Se-Provinsi Bengkulu

Rakor P3MD se Provinsi Bengkulu
Rakor P3MD se Provinsi Bengkulu
Kominfo Mukomuko
Polda-SMSI Bengkulu.
Polda Bengkulu

Klikwarta.com - Demi menjalin koordinasi antar pemerintah dan masyarakat desa dengan baik, Kemendes melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar rapat koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) se'-Provinsi Bengkulu di Hotel Nala, Kota Bengkulu pada Sabtu (01/12/2018). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memampukan desa dalam melakukan aksi bersama sebagai suatu kesatuan tata kelola Pemerintahan Desa, kesatuan tata kelola Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat serta kesatuan tata ekonomi dan lingkungan.

Dalam rakor, masyarakat desa difasilitasi untuk belajar agar mampu mengelola kegiatan pembangunan secara mandiri melalui Dana Desa yang dianggarkan. Berbagai pelatihan dan beragam kegiatan pengembangan kapasitas diberikan oleh pendamping kepada masyarakat desa. Pengembangan kapasitas di desa dikelola langsung oleh masyarakat sebagai bagian proses belajar sosial.

Saat ini, pencapaian dari program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di Bengkulu sudah cukup baik. Salah satunya di Desa Arga Jaya, Mukomuko, yang sudah mencapai sekitar 80 persen. 

Dikatakan oleh Kepala Desa Arga Jaya Tugiran, bahwa komoditas unggulan dalam pengembangan sistem ekonomi masyarakatnya adalah berupa sektor pertanian. 

“Sektor ekonomi yang sudah berkembang di masyarakat adalah komoditas pertanian. Potensi unggulan masih dalam pemikiran, masih fokus ke PAD dan BumDes. Di sini nanti kita anggarkan untuk pembangunan akses jalan sehingga masyarakat bisa lebih mudah dalam mengelola kawasan hutan masyarakat maupun produksi”, paparnya. 

Di lain sisi, lanjut Tugiran, dalam menjaga hubungan dan kebutuhan masyarakat, Babinkamtibmas juga turut mengimbau kepala desa agar sering berinteraksi dengan masyarakat. “Supaya kita tahu permasalahan apa yang ada di desa, baru di selesaikan sama pemerintahan desa, dan kedepan kita akan merubah menset yang dulunya Kantibmas itu hanya di militer, sekarang cenderung mengayomi masyarakat", tutup Tugiran.

(Bisri) 

Dibaca: 22 kali

Related News