Andalkan Konsep Kelompok Usaha, UMKM Kabupaten Blitar Siap Naik Kelas

Jumat, 20/11/2020 - 14:36
Suasana Forum Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Mikro Kabupaten Blitar (foto : Faisal NR / Klikwarta.com)
Suasana Forum Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Mikro Kabupaten Blitar (foto : Faisal NR / Klikwarta.com)

Klikwarta.com | Kabupaten Blitar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar merespon baik sekaligus mendukung gagasan pembentukan kelompok usaha yang diperuntukkan bagi pelaku-pelaku usaha mikro di kabupaten Blitar.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Blitar Tuti Komaryati menjelaskan, melalui pembentukan kelompok usaha sangat membantu pelaku usaha mikro untuk meningkatkan kapasitas hingga kekuatan managemen pemasaran. Sehingga, pangsa pasar UMKM Kabupaten Blitar menurutnya siap naik kelas.

"Jadi harapan kami pelaku usaha mikro tidak hanya berhenti diberikan bimbingan peningkatan kapasitas saja, tetapi juga akan membentuk kelompok. Namanya penguatan usaha tidak bisa sendirian, tetapi harus dilakukan secara kelompok," jelasnya setelah mengisi kegiatan penguatan kapasitas pelaku usaha mikro di Kampung Cokelat, Jumat (20/11/2020).

Diungkapkannya, pembentukan kelompok usaha ekonomi yang tepat dapat dilakukan melalui koperasi. Sebab, dengan wadah koperasi keadilan bagi seluruh anggotanya bisa lebih terjamin. Tuti mengapresiasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop-UM) Pemkab Blitar yang telah selalu melakukan pembinaan kepada UKM hingga adanya keberlanjutan untuk menguatkan kegiatan sebuah usaha.

"Dengan kelompok ini dari sisi penguatan modal itu bisa dilakukan secara bersama-sama. Jadi tidak hanya mengandalkan pemerintah. Tetapi kalau misalnya ada penguatan usaha, pinjaman dari pemerintah, itupun manfaatnya untuk kelompok. Bukan untuk perorangan. Dari sisi managemen pemasaran misalnya, bisa dilakukan bersama-sama. Dari managemen SDM, manusianya untuk peningkatannya itu bisa dilakukan bersama," terang Tuti.

Kepala Dinkop-UM Pemkab Blitar Ulfie Zulfiqoh menambahkan, institusi yang ia pimpin ini telah memberikan pembinaan, fasilitasi dan mentoring evaluasi (monev) Pengembangan Kewirausahaan, Penguatan Usaha Koperasi dan Usaha Mikro kepada pelaku usaha mikro, melalui Penguatan Usaha Mikro Menuju UMKM Naik Kelas.

"Sehingga ada peningkatan SDM, serta kualitas produksinya. Harapan kami, mereka terus bersemangat berinovasi ditengah digitalisasi. Keberhasilan UMKM di Kabupaten Blitar juga menjadi indikator keberhasilan kinerja kami, dan kami akan terus berupaya menguatkan UMKM kita. Sehingga UMKM kita akan mandiri, tangguh dan berdaya saing di segala kondisi termasuk disaat pandemi," tukas Ulfie. 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News

loading...