Dandim Madiun Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kresek

Sabtu, 01/10/2022 - 20:41
Foto bersama di Monumen Kresek
Foto bersama di Monumen Kresek

Klikwarta.com, Madiun – Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 di Kabupaten Madiun digelar di Monumen Kresek, Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Sabtu (1/10/2022).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan Kapten Arh Untung Wiyono, S.T., yang kesehariannya bertugas sebagai Danramil 0803-11/Geger bertindak sebagai Komandan upacara. Sedangkan pembaca naskah Ikrar, Ketua DPRD Kab. Madiun H. Fery Sudarsono.

Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang diikuti oleh 300 peserta tersebut mengusung tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila".

.

Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi, S.Sos., yang hadir dalam Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila saat ditemui mengatakan, hari ini dikenal dengan Hari Kesaktian Pancasila. Dimana Monumen Kresek merupakan monumen bersejarah sebagai saksi atas peristiwa keganasan PKI pada tahun 1948 di Madiun. Monumen ini juga menggambarkan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia yang berhasil mempertahankan Ideologinya. 

"Hari ini harus tetap diingat sebagai cermin bagi kita semua khususnya generasi muda dalam menapaki kehidupan berbangsa dan bernegara, agar sejarah kelam tidak berulang dimasa mendatang," terangnya.

.

Lebih lanjut Dandim berpesan agar melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, dapat dimaknai bersama untuk menjaga keutuhan bangsa ini dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

"Terlebih bagi generasi muda yang memiliki peran penting dan strategis dalam melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa, maka generasi muda harus benar-benar memahami sejarah bangsa, memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila," tutur Dandim.

(Kontributor : Arif)

Related News