DEMA Ushuluddin UIN SGD Gelar Bedah Buku 'Manusia Politik dan Naluri Agama'

Rabu, 13/11/2019 - 22:42
Bedah Buku
Bedah Buku

Klikwarta.com, Bandung - Bedah buku menjadi perhatian serius di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Setiap Fakultas memiliki agenda bedah buku. Juga bedah buku dilaksanakan di tingkat mahasiswa. 

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Bedah Buku karya Dr. Masmuni Mahatma, M.Ag. berjudul “Manusia Politik dan Naluri Agama”. Acara ini digelar di Aula Abjan Soeleman UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl. AH. Nasution No. 105 Cibiru, Bandung, Rabu, (13/11/2019)

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung memberikan sambutan dan membuka acara. “Intelektual memungkinkan dikuatkan melalui diskusi buku. Buku Manusia Politik dan Naluri Agama ini relevan untuk konsumsi intelektual dan acuan praktis saat ini”, tegas Wahyudin.

M. Helmi Mighfaza, Ketua Umum DEMA Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyampaikan laporan kegiatan. “Agenda bedah buku ini terselenggara atas dukungan banyak pihak. Terimakasih untuk semua atas supportnya,” ujar M. Helmi Mighfaza.    

Penulis buku ini, Dr. Masmuni Mahatma, M.Ag., Dosen Jurusan Akidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyatakan “buku ini menjadi otokritik terhadap geliat sosial politik dan keagamaan”.

Pembahas buku ini adalah Dr. Ahmad Ali Nurdin, P.hD., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Dr. Muchlas, M.Hum., Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Buku ini hendak mengajarkan publik tentang politik dan agama yang lurus”, pungkas Dr. Ahmad Ali Nurdin, P.hD.

Agama dan politik dipahami seiring sejalan. “Saat bersamaan manusia harus menjadi khalifah dan sekaligus patuh terhadap Tuhan”, ungkap Dr. Muchlas, M.Hum., saat memberikan apresiasi terhadap materi buku setebal 400 halaman yang diterbitkan oleh Pustaka Aura Semesta ini.  

Bedah buku dipandu oleh Syarifuddin, S.Ag tampak audiens antusias mengajukan tanggapan dan pertanyaan. Hadir menjadi peserta pada kegiatan bedah buku ini 205 Orang. (Humas al-Jamiah UIN SGD Bandung)

a

TMMD

 

Related News