FAH UIN SGD Istiqomah Gelar Pekan Ilmiah

Rabu, 13/11/2019 - 21:14
Pekan Ilmiah
Pekan Ilmiah

Klikwarta.com, Bandung - Untuk meningkatkan mutu akademik dan menggali segala potensi di kalangan mahasiswa, dosen, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali menggelar Pekan Ilmiah (PIM) yang ke-IV, sejak tanggal 13-22 Nopember 2019.

Dekan FAH, Dr. H. Setia Gumilar, M.Si yang didampingi Dr. H. Dadan Rusmana, M.Ag, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. H. Dedi Supriadi, M.Ag., M.Hum, Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. H. Ading Kusdaiana, M.Ag, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, menjelaskan acara ini merupakan ikhtiar FAH dalam rangka peningkatkan mutu akademik, dan terus memberikan stimulus pada sivitas akademika agar meningkatkan kompentensi akademiknya untuk menjawab tantangan zaman yang semakin kompetitif. 

“Alhamdulillah. Untuk keempat kalinya, Pekan ilmiah digelar, dengan diisi rangkaian acara dalam bentuk kegiatan seminar yang terkait dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam, dan Jurusan Sastra Inggris.  Dilengkapi dengan Aksi Kreativitas Akademik dan Budaya (AKRAB), dengan menampilkan aneka lomba Akademik dan Olahraga, serta Pentas Seni Mahasiswa,” tegasnya, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, PIM keempat yang bertajuk "Melebur dengan Akrab, Menyatu dengan Adab" ini diharapkan menjadi wahana peningkatan budaya literasi dan publikasi ilmiah bagi para dosen dan mahasiswa, baik di lingkungan FAH secara khususnya dan UIN SGD Bandung secara umum.

Jika mengacu pada Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional  Pendidikan Tinggi, maka Pekan Ilmiah ini sangat penting. Sebab, dalam faktanya masih banyak problem, terutama lemahnya budaya akademik di kalangan mahasiswa dan dosen  di Indonesia. Lalu diperparah dengan banyaknya lulusan perguruan tinggi yang kurang siap pakai. “Semoga Pekan Ilmiah ini bisa menjawab prolematik tersebut,” paparnya.

Untuk agenda kegiatan seminar pada hari Rabu, 13 Nopember, National Seminar on Culture, Arts, Langue, and Tilerature (NSo-Call), Jurusan Sastra Inggris dalam bentuk Seminar dan Call for Paper dengan narasumber Dr. Lina Meilinawati Rahayu, SS., M.Hum.  (Fakultas Ilmu Budaya Unpad), Ardianto Bahtiar, S.S., M.Hum (Balai Bahasa Jabar).

Pada Kamis, 14 Nopember, International Conference on Sundanese Cultute (ICON-SC) untuk Jurusan Sejarah Peradaban Islam dalam bentuk Seminar dan Call for Paper dengan Keynote Speaker Dr. Ajid  Thohir (UIN SGD Bandung),  Vivek Neelakantan (Unit for the History and Philosophy of Science, the University of Sydney), Prof. Hans Pols (psikiater dari University of Sidney, Australia).

Pada hari, Jum'at, 15 Nopember, Seminar Bahasa dan Sastra Arab untuk Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dalam bentuk Seminar dengan menghadirkan narasumber Dr. Hindun, M.Hum (Departemen Antar Budaya FIB UGM), Dr. Siti Isnaniah, M.Pd (IAIN Surakarta).

Sedangkan untuk kegiatan AKRAB terdiri dari hari Senin-Rabu, 18-20 Nopember, Lomba-Lomba Akademik, Seni, dan Olah Raga dengan mata lomba futsal, musikalisasi puisi, menulis esai, akrab voice, duta bahasa. Pada Kamis, 21 Nopember, Seminar Enterpreneurship. Untuk Jum'at, 22 Nopember, Gebyar Budaya dan Orasi Kebudayaan bersama KH. Acep Zamzam Noor dan Dalang Opick Sunandar Sunarya.

"Mudah-mudahan kita istiqomah dalam menyelenggarakan acara PIM ini sebagai distingsi, khasan dan keunggulan FAH UIN SGD Bandung yang berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Fakultas dan siap bersaing untuk berkompetisi dengan lulusan perguruan tinggi lain di tengah-tengah era revolusi industri 4.0 yang berbasis pada wahyu memandu ilmu dan bersinergi dengan nilai-nilai akhlak karimah,” pungkasnya. (Humas al-Jamiah UIN SGD Bandung)

a

TMMD

 

Related News