Meski Malam, Babinsa Koramil 0718-01/Pati Tetap Memantau Wilayah

Sabtu, 16/03/2024 - 22:30
Serda Sujoko Babinsa Widorokandang
Serda Sujoko Babinsa Widorokandang

Klikwarta.com, Pati - Banjir yang melanda Kabupaten Pati tercatat ada 8 kecamatan yang terdiri dari 36 desa yang terdampak banjir. Diantaranya Kecamatan Gabus, Kecamatan Kayen, Kecamatan Juwana, Kecamatan Jakenan, Kecamatan Sukolilo, Kecamatan Pati, Kecamatan Dukuhseti dan Kecamatan Tambakromo. Banjir ini terjadi dikarenakan intensitas hujan yang sangatt tinggi beberapa hari ini. Ditambah lagi dengan dibukanya pintu Bendung Wilalung di Kudus yang dibuka ke arah Sungai Juana memperparah banjir di sepanjang Sungai Silugonggo Pati. Sabtu (16/3/2024).


Diwilayah Kecamatan Pati yang juga menjadi tanggung jawab Koramil 0718-01/Pati tercatat ada 6 desa diantaranya Desa Mustokoharjo, Desa Sinoman, Desa Purworejo, Desa Widorokandang, Desa Sugiharjo dan Desa Gajahmati. Banjir diwilayah tersebut sampai saat ini ketinggian mencapai 10-75 cm. Adapun yang terdampak selain pemukiman warga banjir juga menggenangi area persawahan, fasilitas umum, tempat ibadah dan jalan desa.

.
Sertu Toha Babinsa Purworejo


Menurut pantauan dari masing-masing Babinsa ketinggian air sudah mulai menurun dikarenakan hari ini cuaca diwilayah Pati cerah dan tidak terjadi hujan. Hal ini berimbas pada menurunnya debit air di masing-masing desa.


Seperti Desa Widorokandang, menurut Babinsa setempat Serda Sujoko yang malam ini memantau wilayahnya mengatakan bahwa ketinggian air mulai berkurang, akan tetapi dampak genangan air dipemukiman masih ada 98 rumah terdampak, 96 Ha sawah terendam setinggi 75-100 cm dan jalan desa sepanjang 900 m setinggi 10-40 cm.


" Malam minggu ini kami tetap memantau situasi dilapangan bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat. Kami menghimbau agar warga tetap siaga mengantisipasi dikarenakan malam ini cuaca diwilayah Pati mendung," ungkap Sujoko.

.
Sertu Suharsono Babinsa Mustokoharjo


Begitu besarnya tanggung jawab Babinsa sehingga siang malam terus memantau kondisi diwilayah binaan masing-masing dan tentunya dilanjutkan laporan situasi ke komando atas. (m@s)

Related News