Penggunaan Aspal Plastik Akan Dikembangkan di Kota Tegal

Sabtu, 14/09/2019 - 02:17
Wakil Wali Kota M. Jumadi saat berada di Jakarta
Wakil Wali Kota M. Jumadi saat berada di Jakarta

Klikwarta.com, Jakarta – Menangani permasalahan sampah plastik, Pemerintah Kota Tegal gandeng INAPLAS-ADUPI mencari solusi terbaik  juga bermanfaat bagi kesejahteraan warga Kota Tegal, hal ini terungkap ketika Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, ST. MM, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal, Ir. Resti Drijo, Plt. Kepala Bappeda Kota Tegal, Ir. Kelik Haryono berdiskusi secara langsung dengan Vice Chairman INAPLAS, Suhat Miyarso dan jajarannya serta dari ADUPI, Felicita Sathrieyandi Jakarta. Jumat (13/09).

Menurutnya momentum saat tepat bagi Pemerintah Kota Tegal menggandeng Pihak lain yang kompeten untuk menagani masalah isu sampah plastik, bahkan selama ini sudah komunikasi dengan baik dengan INAPLAS-ADUPI dan sepakat untuk memberikan suatu area untuk dicoba aspal plastic, kemudian kita lihat hasilnya seperti apa. Mungkin kalau hasilnya lumayan bagus dan luar biasa kita bisa diimplementasikan di Kota Tegal untuk selanjutnya, artinya plastik yang selama ini sampah yang tidak bermanfaat kita mencoba memanfaatkan untuk pengaspalan” ucap 

Terkait wacana tersebut  Vice Chairman INAPLAS, Suhat Miyarso mengapresiasi  Pemerintah Kota Tegal dengan tekad  untuk sampah plastik. 
“Kami mengapresiasi bahwa Pemerintah Kota Tegal itu mempunyai visi yang sama dengan INAPLAS, jadi nanti proyek-proyek yang ada disana (Kota Tegal) yang berhubugan dengan plastik tentu saja INAPLAS akan suport, termasuk mengenai pengaspalan jalan.” terangnya

Suhat Miyarso juga menjelaskan bahwa pemakaian plastik sekitar 5 persen dari berat aspal yang dipakai memang memberikan sedikit tambahan biaya, tetapi karena pemakainanya lebih awet sehingga kalau dihitung dalam 20 tahun itu jauh lebih murah dibandingkan dengan aspal biasa.

Sementara itu dari ADUPI, Felicita Sathrieyan mengatakan bahwa sudah saatnya kita bersahabat dengan plastik.
“Pertemuan ini sangat bagus, karena di Kota tegal kita akan mulai bahwa kita tidak boleh membenci dengan plastik. Justru plastik menjadi teman kita dan kita harus bersabat dan menjadikan sumber daya yang lebih bernilai tinggi,” ucap Felicita.(Red/Tim/CN)

TMMD

 

Related News