Penggunaan Media Sosial

Minggu, 17/07/2022 - 16:55
(foto:pexeles.com)
(foto:pexeles.com)

Penulis: Yulia Rosa Purba

Apasih pengaruh sosial media ? 

Penggunaan sarana media komunikasi hampir semua penduduk bumi apalagi dengan kemajuan teknologi komunikasi, diperhadapkan kepada banyak pilihan untuk menyampaikan/mengakses informasi baik melalui media konvensional maupun media elektronik dan yang paling berkembang yaitu media sosial.

Media sosial adalah tempat untuk berkomunikasi bagi semua orang, dalam hal ini dapat berupa tulisan, foto, maupun video. Media sosial berfungsi untuk melakukan aktivitas sosial, seperti manusia dapat saling berinteraksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Selain itu, media  sosial juga berfungsi untuk berbagi dan menciptakan isi yang meliputi blog, jejaring sosial, berita, dan sebagainya.    

Media sosial dengan cepat menjadi bagian dari kehidupan. Meskipun media ini tampak seperti tempat yang menyenangkan dan tidak berbahaya untuk berbagi foto dan berinteraksi dengan orang lain.

Pengaruh Terhadap Media Sosial   

Cukup dengan smartphone dapat mengakses informasi kapan dan di mana saja melalui media sosial dan kita juga dapat menyampaikan informasi terkait kegiatan kita baik yang bersifat pribadi maupun kelompok.

Pada penggunaan media sosial suda merambah di semua penjuru baik itu penjabat pemerintah, pengusaha, pedagang, ustad, mahasiswa, peladar, dan lain-lain. Penggunaan media sosial memberikan dampak positif maupun negatif terhadap masyarakat.

Dan yang paling memprihatinkan adalah dampak media sosial terhadap perilaku anak-anak kita yang masih remaja, mereka menjadi apatis dan cuek dengan lingkungannya, kita orang tua semakin sulit berkomunikasi dengan anak-anak kita, apalagi diharapkan membantu menyelesaikan pekerjaan rumah.

Pengaruh negatif media sosial dijadikan sarana mengujar kebencian dengan mencaci bahkan mempropokasikan orang lain, perilaku  ini sangat berbahaya apalagi yang menyangkut kelangsungan hidup bernegara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tidak hanya itu sebenarnya banyak hal positif yang bisa kita ambil dalam menggunakan media sosial. Seperti penggunaan media sosial membawa perubahan terhadap perilaku masyarakat. Seperti, seseorang yang sudah jarang berkomunikasi dengan lingkungan sekitar yang diakibatkan pekerjaan,pendidikan, dan lainnya. Membuatnya dapat berkomunikasi dengan baik tanpa terhalang oleh jarak dan waktu di mana pun berada.

Dengan sederet dampak negatif media sosial langkah-langkah efektif sangat penting untuk  menggunakan media sosial harus dapat memutuskan yang mana layak digunakan dan tidak. Agar penggunaan media sosial yang semakin berkembang tidak sia-sia di tangan kita. (*)

Related News