Safari Ramadan di Trans Puding, Gusnan Sosialisasikan Sejumlah Program Pemkab

Minggu, 19/05/2019 - 23:41
Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi Safari Ramadhan
Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi Safari Ramadhan

Klikwarta.com - Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi kembali menggelar Safari Ramadan. Kali ini Bupati beserta rombongan mengunjungi Masjid Al Muhajirin Trans Puding Kecamatan Pino, Minggu (19/5/2019).

Momen tersebut dimanfaatkan oleh Bupati untuk mensosialisasikan sejumlah program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan. Seperti Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), Seragam Sekolah Gratis untuk siswa kurang mampu dan asuransi usaha ternak sapi.

"Apakah adik sanak di sini semuanya sudah punya Kartu BPJS?. Kalau belum saya minta kepada Kepala untuk segera diurus. Karena Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan punya program Jamkesda untuk menjamin kesehatan semua warga," tegas Gusnan.

Selanjutnya Gusnan juga menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten juga akan menyediakan seragam sekolah gratis bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

" Tapi jangan ngaku-ngaku tidak mampu," ingat Gusnan.

Selanjutnya Gusnan juga mensosialisasikan kepada warga yang hadir agar mengandangkan hewan ternak. Begitu pula dengan Pemerintah Desa agar membuat Perdes tentang hewan ternak. 

Karena menurut Gusnan, jika ternak dikandangkan dan tidak dibiarkan berkeliaran, maka banyak keuntungan yang didapt. Selain aman dan tidak menjadi hama bagi tanaman, hewan ternak yang dikandangkan bisa diasuransikan.

"Selama ini kalau misalkan ada sapi yang mati, ada yang mau ganti rugi tidak?, kenapa, karena sapi kita tidak dikandangkan. Coba dikandangkan, itu ada asuransi yang mau membayar ganti rugi. Contohnya saja bebrerapa hari yang lalu di Bungamas, ada empat ekor sapi mati yang dibayar asuransi. Rp10 juta per ekor," jelas Gusnan.

Sementara itu Ustadz Ashadi Halim dalam ceramah agamanya mengingatkan kepada Jemaah agar menghindari perbuatan dosa. Sebab jadi pemimpin maupun rakyat sama-sama bisa berdosa. Baik dosa pemimpin kepada rakyat, maupun dosa rakyat kepada pemimpin.

"Memasuki sepuluh hari kedua bulan Ramadan ini mari sama-sama kita perbanyak ibadah dan memohon ampunan dosa kepada Allah. Karena kurun kedua bulan puasa ini adalah tahapan Maghfirah dari Allah," ujar Ustad.

Turut mendampingi Bupati dalam Safari Ramadan kali ini, Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, Yudi Satria, Ketua Tim Penggerak PKK Lena Gusnan, Kabag Humas dan Sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Seperti biasanya di selah-sela Safari Ramadan, Bupati juga menyerahkan bantuan kepada Masjid Al Muhajirin senilai Rp15 juta serta perlengkapan ibadah lainnya seperti Sajadah dan mukenah.

TMMD

 

Related News