Sambut Tradisi Nyadran, Babinsa Sawahan Bantu Warga Bersihkan Lingkungan

Sabtu, 13/08/2022 - 20:22
Serma Markoban bersihkan lingkungan bersama warga sambut tradisi Nyadran
Serma Markoban bersihkan lingkungan bersama warga sambut tradisi Nyadran

Klikwarta.com, Madiun – Bersih Desa atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah Nyadran merupakan bentuk sedekah bumi atau rasa syukur yang sudah dilakukan turun-temurun untuk menjunjung tinggi nilai luhur dan adat istiadat peninggalan leluhur yang perlu dilestarikan. Momen tersebut disambut dengan suka cita oleh masyarakat Desa Klumpit, Kec. Sawahan, Kab. Madiun.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan adat tersebut, Babinsa Klumpit Serma Markoban turut membantu warga melakukan kerjabakti pembersihan lingkungan menjelang pelaksanaan bersih desa.

"Kegiatan bersih desa atau nyadran dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta, serta sebagai sarana berdoa bersama, mendoakan arwah leluhur yang babat tanah Desa Klumpit, jelas Serma Markoban disela kegiatan kerjabakti pada Sabtu (13/8/2022).

Lebih lanjut Serma Markoban mengatakan bahwa kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat ini juga merupakan wujud kemanunggalan TNI-Rakyat dalam menciptakan rasa aman bagi warga di wilayah binaan.

"Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pasca pandemi covid-19, tentunya masyarakat sangat antusias dan menyambut baik kegiatan ini, namun demikian kami berharap masyarakat tidak abai dengan protokol kesehatan," tandasnya.

(Kontributor : Arif)

Related News