Tingkatkan Kesejahteraan Lokal, Wabup Blitar Minta Kades Gali Potensi Desa

Kamis, 20/02/2020 - 16:24
Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo saat memberikan sambutan
Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo saat memberikan sambutan

Waspada Corona

Klikwarta.com | Kabupaten Blitar - Wakil Bupati (Wabup) Blitar Marhaenis Urip Widodo mendorong Kepala Desa se- kabupaten Blitar hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2019, untuk menggali potensi desa dengan maksimal guna memperkuat pembangunan desa.

Ia menuturkan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah memberikan ruang yang sangat terbuka untuk membuat kebijakan berdasarkan prakarsa masyarakat desa apa yang menjadi kehendak masyarakat serta potensi lokal desa. 

"Berlakunya undang-undang ini harus dipandang sebagai peluang bagi pemerintah desa untuk mewujudkan desa mandiri, dengan berusaha terus menerus meningkatkan pendapatan asli desa sebagai hak otomomi desa," jelas Wabup Marhaenis saat membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Tahun 2020, Rabu (19/02/2020).

Dikatakannya, berdasarkan undang-undang tentang desa, Kepala Desa (Kades) menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) tiga bulan seusai dilantik. Kurang dari satu bulan, Wabup Marhaenis melanjutkan, RPJMDesa itu harus segera dirampungkan dengan sebaik-baiknnya.

Dia menyebut, saat ini merupakan tahun keenam digelontorkannya Dana Desa dari pemerintah pusat kepada seluruh desa di Indonesia, termasuk di kabupaten Blitar. Wujud dana desa di kabupaten Blitar, lanjut dia, sudah terbukti dengan berbagi jenis fasilitas yang terbangun di masing-masing desa sebagaiamana prakarsa masyarakat desa. 

"Saya berharap dengan forum Bimtek ini kepala desa bisa meningkatkan capaian fungsi dana desa bisa lebih meningkat supaya masyarakat di desa semakin sejahtera," tukasnya. 

(Faisal / Kmf / Adv

Related News

Loading...
loading...