Ini Dia Wartawan dan Pemilik Media yang Menjadi Bacaleg 2019

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)
Polda Bengkulu

Klikwarta.com - Musim pemilu 2019 sedang bergulir. Sejumlah nama-nama dan wajah baru bakal mewarnai daftar balon legislatif diberbagai tingkatan, baik bacaleg kabupaten/kota maupun provinsi dan pusat. Kecuali mantan koruptor dan atau mereka yang dicabut hak politiknya dan atau diatur dalam aturan khusus, semua masyarakat memiliki hak politik untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan legislatif tahun 2019 nanti. Sebanyak 16 partai politik siap menampung para bacaleg untuk berkompetisi.

Pemilu 2019 juga akan diramaikan oleh sejumlah wartawan dan pemilik media di Bengkulu yang berniat ikut andil dalam pengambilan kebijakan pemerintah melalui jalur legislatif. Siapa saja mereka para wartawan dan pemilik media yang menjadi bacaleg? Berikut daftar sementaranya :

1. Erlan Oktriandi

Bacaleg Erlan Oktriandi

Erlan Oktriandi,ST,MH merupakan bacaleg Partai Gerindra untuk DPRD Kota Bengkulu daerah pemilihan Gading Cempaka dan Singaran Pati. Erlan diketahui adalah pemilik dan pendiri media Bengkulu News. Selain pemilik media, dia juga merupakan ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Bengkulu. Selain itu, Erlan juga menjabat sebagai bendahara di Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu. Pilihannya pada Partai Gerinda karena partai itu dianggapnya merupakan partai yang cocok untuk karakter dan visinya. Dengan menjadi bacaleg, Erlan berharap menjadi jalan politik untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Kota Bengkulu. Menurutnya, kursi legislatif harus diisi oleh figur-figur muda yang dapat produktif nantinya dalam merancang regulasi daerah dan melakukan kritisisasi kebijakan publik.

2. Feri Sapran

Ferry Sapran

Feri Sapran merupakan bacaleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia mengambil daerah pemilihan Kota Bengkulu untuk DPRD Provinsi Bengkulu. Dia dikenal sebagai aktifis penggiat anti korupsi. Di Bengkulu Feri memimpin NGO Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK), sebuah ormas besutan Bibit Samad Riyanto, mantan pimpinan KPK. Feri adalah pendiri dan pemilik media online Nusantaraterkini.com. Selain itu, Feri juga merupakan penggiat media sosial, melalui media sosial dia melancarkan berbagari kritikan dan masukan atas berbagai kebijakan publik dan realitas ketimpangan sosial. Berpolitik bagi Feri merupakan bentuk perjuangan baru untuk memperjuangan kedaulatan rakyat. 

3. Meriyani

ass

Meriyani,S.Ikom.MH merupakan wartawan senior. Dikenal sebagai pendiri dan pemilik media cetak Rafflesia Post. Dia juga merupakan pengurus PWI Bengkulu. Memantapkan pilihan politik dengan bergabung di Partai Golkar. Untuk pemilu 2019, Meriyani memilih daerah pemilihan Kaur dan Bengkulu Selatan. Melalui jargon Golkar bersih, bangkit, maju dan menang, Meriyani akan berjuang untuk duduk di kursi legislatif DPRD Provinsi Bengkulu.

4. Achmad Tarmizi Gumay

r

Achmad Tarmizi Gumay,SH,MH merupakan advokat dan pemilik media Suara Hukum. Berkiprah dipolitik sejak pilwakot Bengkulu 2013 lalu. Dia saat itu menjadi calon Wakil Wali Kota Bengkulu mendampingi Emilia Puspita alias Ita Jamil. Namun kesempatan saat itu belum memberikan peluang kepadanya. Achmad Tarmizi Gumay juga memilki segudang pengalaman, diantaranya pernah menjadi ketua KPU Kabupaten Kaur, ketua KNPI Kabupaten Kaur. Dia juga merupakan penggiat NGO. Partai Demokrat menjadi pilihannya untuk pemilu 2019 nanti dengan daerah pemilihan Kabupaten Kaur dan Bengkulu Selatan. Tekad Tarmizi Gumay adalah memperjuangan para petani agar sejahtera dengan berbagai kebijakan pemerintah. 

5. Ita Yunita

ita

Ita Yunita,A.Md merupakan pemilik media cetak Inspirasi. Dia bergelut di media sejak tahun 2012. Sebelumnya Ita merupakan atlit bela diri dan penggiat program pemberdayaan masyarakat di NGO Kabahil Center. Selain aktif di organisasi advokasi perempuan dan anak, Ita juga mendirikan yayasan yang bergerak dibidang sosial dan pendidikan. Menjadi anggota legislatif karena ingin memperjuangkan kepentingan dan keterwakilan perempuan. Pemilu 2019 nanti, dia memilih PKB sebagai jalur perjuangan politiknya untuk daerah pemilihan Kabupaten Kaur dan Bengkulu Selatan. 

6. Rahmad Ramadhan

rw

Rahmad Ramadhan merupakan pemilik media online Tuntasonline.com. Memilih daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Air Padang, Padang Jaya dan Kecamatan Giri Mulya, Rahmad optimis akan menyumbang perolehan kursi legislatif untuk PKB Bengkulu Utara. Sosok yang supel dan ramah ini percaya bahwa jalur politik merupakan bagian dari perjuangan untuk kepentingan masyarakat. Dengan berpolitik akan banyak yang dapat dilakukannya dalam membangun daerahnya. 
 

7. Aurego Jaya

dde

Aurego Jaya,S.Sos.I merupakan pendiri media online Inspirasinews.com. Dia menjadi bacaleg PKB untuk daerah pemilihan Kota Bengkulu demi merebut kursi legislatif di DPRD Provinsi Bengkulu. Berkiprah didunia aktifis dilakoninya sejak masih duduk di bangku Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Hingga selesai kuliah, dia masih mencatat reputasi sebagai aktifis dengan berbagai aktifitasnya. Pernah berkiprah di Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan sejumlah ormas dan NGO lainnya. Dikepemudaan, Aurego juga tercatat sebagai pengurus di KNPI Kota Bengkulu dan KNPI Provinsi Bengkulu. 

8. Evy Herawaty

evy

Evy Herawaty merupakan wartawan media cetak Inspirasi. Dia dikenal sebagai sosok yang mudah akrab dan bergaul dengan semua kalangan. Untuk pemilu 2019, Evy memilih PKB sebagai jalan perjuangan menuju kursi legislatif DPRD Provinsi Bengkulu dengan dapil Kota Bengkulu. (BT)

Dibaca: 51 kali
kpu

 

Related News

prov