Ini Kata Pemkot Terkait Masih Ada Rumah Sakit yang Makamkan Pasien Covid di TPU Taman Bahagia

Kamis, 06/05/2021 - 14:42
Ini Kata Pemkot Terkait Masih Ada Rumah Sakit yang Makamkan Pasien Covid di TPU Taman Bahagia
Ini Kata Pemkot Terkait Masih Ada Rumah Sakit yang Makamkan Pasien Covid di TPU Taman Bahagia

Klikwarta.com, Kota Bengkulu - Mendapat kabar masih adanya jenazah covid-19 yang dimakamkan oleh salah satu rumah sakit di bawah kewenangan Provinsi Bengkulu di TPU Taman Bahagia di Kelurahan Pekan Sabtu. Rabu (5/5/2021), Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Sekretaris Daerah (Sesda) Arif Gunadi menjelaskan bahwasanya hal tersebut sudah tidak diperbolehkan karena pemakaman sudah dialihkan ke TPU merah putih di Bentiring.

Hal ini dikuatkan berdasarkan laporan Kadis PUPR Kota Bengkulu, Kadinsos Kota Bengkulu serta pihak Kecamatan di lapangan mengenai adanya pemakaman baru di TPU taman bahagia.

“Sudah jelas bahwa tidak boleh lagi memakamkan di TPU Taman Bahagia dan semuanya berangsur dialihkan ke TPU merah putih di bentiring. Tapi masih ada saja rumah sakit yang memakamkan di TPU Taman Bahagia” jelas Arif.

Saat diwawancara via telepon, Kadinkes Kota Bengkulu Susilawaty menjelaskan bahwa dirinya bersama Kadinsos Rosminiarty, Rabu (5/5/2021), mendatangi Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu untuk menanyakan terkait pemakaman pasien covid di TPU taman bahagia.

“Tadi saya bersama Kadinsos menyambangi Dinkes Provinsi, pak kadisnya tidak ada ditempat, kami hanya bertemu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Lisyenti Bahar. Disini kami sampaikan bahwa surat dari Pemkot mengenai relokasi makam telah disampaikan ke Pemprov. Mengenai masih adanya yang dimakamkan disana, kami minta Pemprov memberitahukan rumah sakit di bawah jajarannya untuk tidak lagi memakamkan pasien covid di TPU taman bahagia karena sudah direlokasi di TPU merah putih di Bentiring,” tegas Susilawaty.

Sementara itu, Kadinsos Kota Bengkulu Rosminiarty menjelaskan bahwa pihaknya telah lama memasang plang pemberitahuan di TPU taman bahagia agar tidak memakamkan di sana lagi dan pemberitahuan kepada ahli waris.

“Sudah ada plang kita pasang, dan sudah jelas sekali bahwa di sana bertuliskan untuk masyarakat Kota Bengkulu agar dimohon untuk tidak memakamkan anggota keluarganya di TPU taman bahagia. Dan untuk ahli waris yang telah memakamkan keluarganya di TPU taman bahagia dimohon menghubungi Dinsos, karena makam di sana akan dipindahkan,” jelas Rosminiarty.

Mengenai jenazah yang sudah terlanjur dimakamkan di TPU taman bahagia, ia menjelaskan bahwa Satgas Covid-19 Kota Bengkulu akan melakukan mediasi pada ahli waris.

“Kita (Dinsos) bersama satgas covid kota akan menemui ahli waris. Kita akan koordinasi dan jelaskan baik-baik terkait pemindahan ke TPU merah putih. Untuk pihak yang berkaitan seperti Dinkes, RSHD semuanya sudah dikontak. Apabila ahli waris bersedia dipindahkan, kita akan langsung bergerak. Ke depan kita harapkan tidak ada lagi yang memakamkan disana,” tuturnya.

Sementara itu, Kadinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni ketika dihubungi Rabu sore untuk dimintai konfirmasi oleh tim Media Center Pemkot belum memberikan keterangan. (MC)

Related News

loading...