Jubir Kemlu RI, Teuku Faizasyah : Penolakan Kunjungan Diplomat Asing ke Papua Faktor Keamanan

Rabu, 09/10/2019 - 21:08
Jubir Kemlu RI Teuku Faizasyah:
Jubir Kemlu RI Teuku Faizasyah:

Klikwarta.com, Jakarta – Indonesia telah melarang diplomat asing untuk mengunjungi wilayah Papua yang masih belum kondusif. Langkah yang dianggap tidak biasa itu diambil karena adanya kekhawatiran terkait keamanan setelah kerusuhan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Media Australia, Sydney Morning Herald and The Age telah mengonfirmasi bahwa para diplomat dari kedutaan Inggris, Kanada, dan Selandia Baru, bulan lalu telah meminta kementerian luar negeri Indonesia (Kemlu RI) untuk meminta izin mengunjungi Papua. Namun, semua permintaan mereka ditolak.

Pejabat Pelaksana Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah mengatakan bahwa Kemlu RI “mengikuti keputusan pemerintah untuk membatasi kunjungan warga asing ke Papua, termasuk diplomat.”

Situasi di Papua, terutama di Wamena telah berangsur pulih menyusul kerusuhan yang menewaskan puluhan korban jiwa terjadi dua pekan lalu. Masyarakat telah kembali beraktivitas, dan diharapkan akan diikuti dengan kembali normalnya perekonomian, kegiatan pendidikan dan pemerintahan. (red/KJ)

a

TMMD

 

Related News