Kemenag Aceh Singkil Layani Pembuatan Paspor Calon Jemaah Haji

Rabu, 19/02/2020 - 02:17
Pihak Kemenag Aceh Singkil dan Kantor Imigrasi Kelas II Meulaboh foto bersama dengan para calon jamaah haji setempat.
Pihak Kemenag Aceh Singkil dan Kantor Imigrasi Kelas II Meulaboh foto bersama dengan para calon jamaah haji setempat.

Klikwarta.com, Aceh Singkil - Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Singkil, kembali melayani Pembuatan Paspor bagi calon Jemaah Haji setempat yang ingin pergi menunaikan Rukun Islam kelima itu tahun 2020 ini.

Mustafa, SE.,MM selaku operator Siskohat Kemenag Aceh Singkil, Selasa, 18 Februari 2020, mengatakan, pelayanan proses pembuatan paspor bagi para calon jemaah haji, di Kantor Kemenag Aceh Singkil kerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas II Meulaboh, mulai dilaksanakan sejak Senin tanggal 17 Januari 2020.

Dikatakannya, kegiatan pembuatan paspor yang di lakukan di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Singkil, sudah dilaksanakan untuk ketiga kalinya dengan mendatangkan petugas Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh.

"Ini sudah yang ketiga kali Petugas Imigrasi datang ke Singkil untuk melakukan pembuatan Paspor Calon Jemaah Haji, selain memudahkan, kami juga sangat terbantu. Artinya jemaah calon haji Aceh Singkil yang berangkat tahun ini tidak lagi datang ke Meulaboh untuk membuat paspor, akan tetapi pembuatan paspornya itu di lakukan di Kantor Kemenag Singkil dengan mengunakan Unit Mobile dari pihak imigrasi Meulaboh", ungkap Mustafa yang juga perwakilan dari Kasi PHU Kemenag Aceh Singkil.

Lanjutnya, "Ini juga dilakukan untuk memudahkan Calon Jemaah Haji, karena dinilai kesulitan apabila harus datang ke kantor Imigrasi sendiri mengingat jarak tempuh dari Kabupaten Aceh Singkil ke Kabupaten Aceh Barat cukup jauh. Dan kondisi Calon Jemaah Haji sendiri rata-rata sudah relatif tua", ujarnya.

"Untuk pembuatan ini hanya dilakukan hari ini saja", lanjutnya, Sejumlah berkas yang harus dibawa oleh Calon Jamaah Haji, yakni, KTP, Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga. Kemudian akan dipanggil oleh petugas untuk melakukan wawancara, foto dan rekam data dan sidik jari.

Sementara itu, Staf PHU Kemenag Aceh Singkil Wahyu Maisafni menerangkan itu dilakukan untuk memudahkan Calon Jamaah Haji dalam pengurusan paspor, sehingga mendatangkan petugas Imigrasi.

Apalagi waktu tempuh dari Kab. Aceh Singkil ke Kab. Aceh Barat (Meulaboh) lumayan jauh, yakni kurang lebih 6 jam perjalanan.

"Proses pembuatan paspor ini direncanakan berlangsung selama satu hari saja, dimana 32 jumlah keseluruhan CJH 7 cadangan, dan yang membuat Paspor berjumlah 22 orang. Selebihnya sudah memiliki paspor", ujarnya. (Erwan)

Related News

Loading...

pers

loading...