Kucing Bengal, Hobi Jurnalis Kota Batu Jadi Omset Menggiurkan

Minggu, 09/04/2023 - 17:07
Dian, saat tengah menunjukkan kucing bengal kesayangannya bernama Simba, Minggu (9/4)
Dian, saat tengah menunjukkan kucing bengal kesayangannya bernama Simba, Minggu (9/4)

Klikwarta.com, Kota Batu - Siapa sangka, jika berawal dari hobi kecintaannya memelihara kucing bengal, Jurnalis di Kota Batu ini malah mendapatkan omset tambahan dari beternak kucing bengal.

Pasalnya, ras kucing bengal adalah ras kucing yang cukup banyak digemari dan sangat populer di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Warnanya yang unik mirip totol-totol seperti layaknya macan ini, membuatnya terlihat sangat eksotis. Selain motif bulunya yang indah, ternyata ras kucing bengal tidaklah sulit untuk dikembangbiakan untuk dipelihara.

Menurut breeder kucing bengal asal Kota Batu Eko Sabdianto, kucing bengal merupakan hasil persilangan dari ras kucing lainnya. Persilangan dimulai dari kucing ras American British Shorthair dikawinkan dengan kucing hutan Asian Leopard. 

"Jadi, anakan betina dari kedua kucing ini selanjutnya dikawinkan kembali dengan bapaknya lalu muncullah ras kucing bengal, hingga generasi ke 6," kata Dian sapaan akrabnya kepada awak media, Minggu (9/4/2023).

Founder KWB Bengal ini menambahkan, jika kucing bengal memiliki tingkat intelegensi atau kecerdasan diatas rata-rata daripada kebanyakan kucing ras jenis lainnya.

"Kucing bengal adalah salah satu kucing yang memiliki karakteristik sangat pintar dan juga aktif. Sehingga jika kita memeliharanya, dapat mengajarkan beberapa trik-trik tertentu pada kucing bengal kita, karena kucing bengal sangat peka terhadap rangsangan, sehingga akan reaktif kepada apapun yang ada di dekatnya," ujar dia.

Dian juga menyebut, jika ras kucing bengal juga mudah berbaur dengan kucing atau hewan lainnya.

"Biasanya kucing adalah hewan yang protektif dan tidak suka berbaur dengan hewan lainnya. Butuh usaha ekstra untuk membuatnya "akrab" dengan kucing atau hewan lain yang ada di rumah. Tapi tidak untuk kucing bengal, karena akan mudah untuk bersosialisasi dengan hewan lainnya, termasuk anjing sekalipun," urainya.

.

Selain itu, lanjut Dian, kucing bengal juga senang bereksplorasi. Dikarenakan karakternya yang sangat aktif, kucing bengal memiliki kegemaran untuk memanjat sesuatu seperti pohon atau langit-langit plafon rumah. 

"Jika memiliki kucing bengal, memang sangat disarankan untuk menyediakan papan panjat khusus kucing yang bisa ditempelkan ke dinding. Tapi jika tidak punya, sering-seringlah mengajak bermain di luar rumah seperti jalan-jalan itu untuk mengasah keahliannya dan melatih massa otot," papar dia.

Meski begitu, diakuinya, jika kucing bengal jika dipelihara dengan baik dan sepenuh hati, dapat mencapai ukuran yang besar.

"Kucing bengal jantan rata-rata memiliki berat badan dari mulai 4,5 - 6,8 kilogram dan untuk betina memiliki berat rata-rata 3,6 - 5,4 kilogram. Sedangkan kucing lainnya hanya sekitar 3,6 -4,5 kilogram saja untuk kucing domestik dewasa. Berat tersebut hanya rata-rata dari yang biasa ditemukan, karena ada pula yang beratnya bisa mencapai 7 kilogram," ungkap Dian.

Untuk perawatannya, masih kata Dian tidaklah sulit, karena sama saja dengan memelihara kucing lain, namun hanya saja selalu mengontrol tempat makan dan minum secara rutin dan selalu menjaga kebersihan kandang, serta pakan.

"Selain itu, kucing bengal juga mudah sekali dikembangbiakkan, perawatan juga sama, pakan pun sama, namun yang tak kalah penting asupan nutrisi dan protein tak boleh diabaiakan, seperti pemberian daging mentah, itu karena memang mengalir darah kucing hutan dari moyang atau leluhurnya," tukas Dian.

Dirinya juga berpesan, bagi pemula hasruslah mengetahui fakta dan mempelajari karakteristik jika akan memelihara kucing bengal.

"Yang harus diketahui dikarenakan kucing bengal masih memiliki darah atau garis keturunan kucing liar, kucing bengal memiliki insting memburu sehingga memang harus hati-hati jika meletakkan hewan kecil kesayangan kita seperti ikan, hamster dan juga kelinci," ucap Dian.

Pria yang mulai SD menyukai kucing ini juga mengungkapkan, jika memelihara kucing bengal dapat dijadikan sebagai ladang bisnis tambahan.

"Ya, itu karena harganya tergolong mahal, apalagi jika orang awam yang belum mengetahui harga kucing bengal. Tapi, itu semua juga kembali kepada breedernya, kualitas dan kondisi kucingnya, apalagi yang berpedigree, pastinya sangat mahal," ungkap Dian.

Saat disinggung berapa harga rata-rata kucing bengal peliharannya, lelaki yang juga berprofesi sebagai fotografer handal ini lebih jauh menyebutkan, jika hal itu kembali lagi dari kualitas.

"Kalau saya biasa menjual anakan siap sapih dari umur 3 bulanan atau glitternya sudah kelihatan itu sekitar 2,5 juta sampai 3,5 juta, karena indukan saya memang nonped. Tapi tidak semua, karena corak warna juga mempengaruhi harga, apalagi jika coraknya rosseted memang agak mahal, berbeda dengan corak warna shetted atau spotted," papar dia.

Berkaitan dengan warna dan corak kucing bengal, diakuinya juga sangat banyak sekali dan tentunya beragam.

"Sebab selama ini juga banyak teman-teman breeder mencoba mencetak warna baru seperti charcoal, snow, silver, melanistic dan lain sebagainya. Karena selama ini bagi pemula atau orang awam, mereka hanya mengenal warna kucing bengal hanya brown saja," pungkas Dian.

(Kontributor : Arif)

Related News