Mangkrak di Zaman SBY, Pelabuhan Peti Kemas Malarko Karimun Bakal Dibangun di Era Jokowi

Kamis, 06/05/2021 - 15:23
Pelabuhan Peti Kemas Malarko Karimun Bakal Dibangun di Era Jokowi
Pelabuhan Peti Kemas Malarko Karimun Bakal Dibangun di Era Jokowi

Klikwarta.com, Karimun - Kunjungan kerja Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi pada Saptu lalu (01/05/2021) ke Kabupaten Karimun, mengisyaratkan kelanjutan pembangunan Pelabuhan peti kemas "terbesar" di Provinsi Kepulauan Riau. 

Awalnya, ditahun 2008 Pelabuhan Peti Kemas ini merupakan proyek nasional di Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itupun telah menelah biaya hingga 153 Miliar Rupiah, namun terhenti. Saat survei kelukasi, Menhub mengatakan jika kedatangannya kali ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya ditahun 2020 silam Budi Karya Sumadi juga telah melakukan survei.

"Terkait dengan pelabuhan Malarko, sejumlah investasi memang sudah ditanamkan oleh pemerintah pusat. Bahkan dikabarkan sudah menghabiskan total anggaran yang bersumber dari beberapa kali ketuk palu APBN itu, sekitar Rp153 Miliar. Nanti dari Kementerian Perhubungan akan dilimpahkan ke BUMD yang bekerjasama dengan swasta, konsensinya mencapai 30 tahun,” jelasnya.

Budi Sumardi juga optimis jika pelabuhan Malarko selesai dibabngun, maka dampak ekonomi di Karimun akan terdongkrak, apalagi lokasi yang berhubungan langsung dengan selat Malaka.

“Kita bayangkan apabila pelabuhan ini berjalan, maka kegiatan ekonomi akan semakin baik di Karimun,” tambah Budi.

Budi Karya mengatakan, kedatangannya ke Karimun merupakan tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo untuk meninjau proyek strategis di Karimun. Dirinya berharap agar mandat Presiden RI untuk membangun daerah khususnya di Karimun sebagai daerah di perbatasan dapat dilaksanakan.

“Saya mendapat mandat Bapak Presiden RI kepada saya untuk membangun daerah-daerah dapat dilaksanakan dengan baik. Khususnya Kepri yang memiliki daya saing yang baik, dan Insyaallah pembangunan ini nantinya memberikan kemakmuran bagi masyarakat Karimun,” katanya.

(Pewarta : Riko Atma)

Related News

loading...