May Day, BPJamsostek Blitar bersama RSU Medika Utama Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Jumat, 03/05/2024 - 14:57
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar bersama RSU Medika Utama Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Momen Peringatan May Day
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Blitar bersama RSU Medika Utama Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Momen Peringatan May Day

Klikwarta.com, Jawa Timur - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Blitar memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) berkolaborasi dengan RSU Medika Utama menggelar pemeriksaan kesehatan gratis.

Acara ini digelar di kantor BPJamsostek Blitar, Kamis (2/5/2024). Kegiatan bertajuk 'Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh Yang Kompeten' dan tagline 'May Day is Terampil Day', BPJamsostek Blitar mengajak seluruh peserta untuk merayakan Hari Buruh dengan memberikan perhatian pada kesehatan.

Para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berkunjung ke kantor cabang diberikan kesempatan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan gratis. Dalam rangkaian pemeriksaan, peserta dapat memeriksa tekanan darah, kadar asam urat, kolesterol, dan bahkan berkonsultasi langsung dengan dokter. 

"Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kepada para pekerja di Blitar Raya," kata Kepala BPJamsostek Blitar Venina. 

Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini, lanjutnya, dikonsep sebagai langkah nyata dalam memberikan perhatian terhadap kondisi kesehatan para pekerja. Venina menekankan bahwa kegiatan ini merupakan upaya konkret dalam mewujudkan kepedulian terhadap kesejahteraan para pekerja di Blitar Raya.

Melalui perayaan May Day tahun ini juga dimanfaatkan oleh BPJamsostek Blitar untuk memberikan santunan kepada ahli waris peserta yang meninggal, sebagai bagian dari Jaminan Kematian. Sebagai contoh, ahli waris Moh Zaenudin, peserta Penyelenggara Pemilu Desa Jaten Kecamatan Wonodadi, menerima santunan sebesar 42 juta Rupiah sebagai pengakuan atas kontribusinya.

"Resiko kerja tidak ada yang tau kapan terjadi, jadi kalau sudah terdaftar menjadi peserta, risiko tersebut menjadi tanggungan BPJS Ketenagakerjaan," tukasnya. 

Selain memberikan santunan, BPJamsostek Blitar juga memberikan informasi mengenai penggunaan Jamsostek Mobile (JMO) kepada peserta yang hadir. Dengan JMO, peserta dapat dengan mudah mengakses informasi terkait upah yang dilaporkan, saldo JHT, dan bahkan melakukan klaim untuk saldo di bawah 10 juta Rupiah.

“Pada kesempatan ini, kami juga memberikan sosialisasi mengenai penggunaan Jamsostek Mobile (JMO) kepada peserta. Dengan menggunakan JMO, peserta memiliki kemampuan untuk memantau laporan upah, melihat saldo JHT, dan bahkan mengajukan klaim untuk saldo di bawah 10 juta Rupiah. Keberadaan JMO ini dirancang untuk memberikan berbagai kemudahan kepada peserta,” urai Venina.

Dikatakannya, BPJamsostek Blitar juga menyampaikan edukasi kepada peserta tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja. Komitmen penuh diberikan oleh BPJamsostek Blitar untuk memberikan perlindungan atas resiko sosial, terutama di Wilayah Blitar. 

"Dengan momentum May Day, kami siap melakukan peningkatan layanan dan manfaat kepada pekerja Indonesia, khususnya di Blitar Raya," ungkap Venina.

(Pewarta : Faisal NR)

Related News