Perangi Corona, Kodim 0808/Blitar Semprotkan Disinfektan ke Jalanan Kota Blitar

Kamis, 26/03/2020 - 16:41
Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto (berdiri paling depan) saat akan melepas tim penyemprotan Disinfektan
Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto (berdiri paling depan) saat akan melepas tim penyemprotan Disinfektan

Waspada Corona

Klikwarta.com | Kota Blitar - Komando Distrik Militer (Kodim) 0808/Blitar menggelar aksi penyemprotan cairan Disinfektan di sejumlah ruas-ruas jalan protokol di kota Blitar, Kamis (26/03/2020). Hal ini dilakukan untuk menumpas potensi kemunculan wabah corona virus desease nineteen (Covid-19).

Gerakan itu diikuti tim gabungan jajaran anggota Kodim 0808/Blitar dan sejumlah jajaran kepolisian. Komandan Kodim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto memimpin langsung acara ini. 

Sebelum dilakukan penyemprotan, seluruh anggota atau peserta aksi kegiatan ini mengikuti Apel di halaman kantor Walikota Blitar dengan dipimpin Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto. Sejumlah jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar turut hadiri Apel tersebut. 

Kris Bianto menjelaskan, penyemprotan Disinfektan dibantu dengan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil Water Canoon. Penyemprotan Disinfektan dilakukan di seputaran jalan protokol Kota Blitar.

Penyemprotan Disinfektan

Penyemprotan juga dilakukan di tempat umum, pasar, hingga pertokoan yang ada diseputaran jalan Kota Blitar. Pada kesempatan itu para personil Kodim 0808/Blitar menyemprotkan Desinfektan ke arah pengguna jalan, semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat, yang tidak luput dari penyemprotan.

"Dalam kegiatan penyemprotan Disinfektan ke sejumlah ruas jalan raya ini, kami siapkan dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil water canoon agar bisa merata dalam penyemprotan disinfektan terutama jalan yang banyak dilalui kendaraan oleh warga kota Blitar. Selain itu penyemprotan disinfektan juga dilakukan oleh personil Kodim 0808/Blitar di area toko atau rumah-rumah yang berada diseputar jalan Kota Blitar guna mencegah penyebaran Virus Corona di wilayah Kota Blitar," jelas dia. 

Ia menghimbau kepada seluruh warga kota Blitar agar tetap waspada dalam mensikapi penyebaran Covid-19 ini. Salah satunya dengan berperilaku hidup sehat. Tetap tenang dan tidak panik serta terus melakukan tindakan nyata untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus ini.

"Tidak usah panik namun kesiapan kita harus maksimal dalam menyikapi Virus Corona atau Covid-19 ini. Salah satunya dengan membiasakan pola hidup sehat serta patuhi apa yang sudah di perintahkan oleh pemerintah," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar bersama Polres Blitar Kota melakukan aksi penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah ruas-ruas jalanan di pusat kota Blitar, Selasa (24/03/2020).

Penyemprotan dipimpin langsung oleh Plt Walikota Blitar Santoso. Turut mengikuti gerakan ini Kapolres Blitar Kota beserta jajarannya, dan sejumlah jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

"Jadi ini bagian dari upaya yang kita lakukan dalam mengantisipasi Covid-19, beberapa titik strategis sudah kita semprotkan disinfektan seperti tempat ibadah, fasilitas pelayanan umum, terminal, stasiun dan pasar, maka hari ini tiba saatnya kita melakukan penyemprotan di jalan-jalan protokol," kata Plt Walikota Santoso.

Dilakukan penyemprotan di ruas jalanan protokol, menurutnya tidak menutup kemungkinan potensi virus muncul di jalanan bisa terjadi lantaran banyaknya mobilitas masyarakat disana. Untuk itu, ia melakukan penyemprotan disinfektan dengan bantuan Polres Blitar Kota ditambah Damkar dan Diskominfotik Pemkot Blitar.

"Kita bekerja bersama-sama, hari ini kita mulai penyemprotan pertama di jalan protokol, nanti setelah itu kita masuk ke tiap kecamatan dan kelurahan kita sisir. Dikandung maksud supaya masyarakat merasa aman dan tenang dulakukan penyemprotan disinfektan dari ancaman wabah virus korona," ucapnya. 

(Pewarta : Faisal NR) 

Related News

Loading...
loading...