Pj Walikota Bengkulu Ajak Semua Pihak Kawal Pemilu Damai 2024

Senin, 12/02/2024 - 11:44
Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi /Foto : MC
Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi /Foto : MC

Klikwarta.com, Kota Bengkulu - Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi mengajak semua elemen masyarakat maupun stakeholder terkait, untuk bersama-sama mengawal serta mewujudkan pelaksanaan pemilu damai 2024.

Disampaikan Pj Walikota, unsur Forkopimda Kota Bengkulu bersama partai politik peserta pemilu, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan organisasi masyarakat telah menguatkan komitmen bersama mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, aman, tertib, nyaman dan berintegritas.

Dengan adanya komitmen bersama mewujudkan pemilu damai, maka diharapkan dapat terwujudnya demokrasi yang berkualitas. Disisi lain, pemilu yang damai, aman dan kondusif tentu menjadi harapan seluruh masyarakat. Karena akan berimplikasi pada pembangunan yang berkelanjutan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, Arif mengatakan bahwasannya pesta Demokrasi di Kota Bengkulu merupakan tanggungjawab bersama seluruh pihak, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.

“Kita (Pemkot) selalu berkoordinasi dengan seluruh pihak demi suksesnya pesta demokrasi ini,” ujar Arif, Senin (12/2/2024).

Setelah itu, di Kota Bengkulu, Arif juga mengimbau seluruh ASN Kota untuk selalu menjaga netralitas pada Pemilu Serentak 2024 nanti sesuai dengan yang diamanatkan dalam Nomor 5/2014 tentang ASN.

Dalam aturan undang-undang tersebut, telah termaktub bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik, dan tidak berpihak terhadap segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

"Aparatur sipil negara harus profesional dalam menjalankan tugas dan melayani masyarakat tanpa terpengaruh kepentingan politik", Tegas Arif.

Pentingnya sikap netralitas ASN dalam Pemilu dan Pilkada serentak di tahun 2024 mendatang, tidak lain guna mendukung terwujudnya kualitas dari pesta demokrasi tersebut.

Kemudian, Arif juga mengimbau seluruh masyarakat Kota Bengkulu bijak dalam menggunakan hak suaranya meskipun berbeda pilihan. Dengan harapan suasana pesta demokrasi tetap damai dan tak terpecah belah.

Sebagai penutup, Arif juga meminta seluruh warga Kota Bengkulu untuk dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Pemilu.

“Pemilu 2024 akan segera dilaksanakan. Oleh karena itu, mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban agar Pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman,” tutupnya. (Adv)

Related News