Satgas Pamtas Yonif MR 413/Bremoro Bantu Proses Persalinan Darurat, Bayi Seorang Warga di Papua Akhirnya Lahir Selamat

Senin, 23/11/2020 - 08:31
Dokter dan Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro saat membantu proses persalinan darurat seorang warga di Kampung Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura.
Dokter dan Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro saat membantu proses persalinan darurat seorang warga di Kampung Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Klikwarta.com, Sukoharjo - Dengan keterbatasan alat kesehatan (alkes), Dokter Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro Lettu Ckm Andrew Agung menangani proses persalinan darurat yang dialami Mei Demeterius Aom, warga Kampung Skouw Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Meski terbatasnya alat kesehatan yang dimiliki untuk membantu proses persalinan itu, atas upaya penanganan yang dilakukan dokter dari kesatuan TNI tersebut, akhirnya seorang bayi berjenis kelamin laki - laki pun berhasil lahir dengan keadaan selamat dan sehat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Bremoro Mayor Inf Anggun Wuriyanto dalam rilis tertulis dari Distrik Muara Tami Kota Jayapura kepada Klikwarta.com, pada Minggu (22/11/2020).

"Sekitar Pukul 17.15 WIT kami menerima laporan dari salah seorang warga Kampung Skouw atas nama Bapak Demeterius Aom (43) bahwa istrinya yang tengah mengandung selama sembilan bulan tiba-tiba merasakan mulas yang sangat kuat dan air ketuban nya pecah," ungkap Anggun. 

Tak menunggu lama, lima menit kemudian Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Bremoro itu pun segera memberikan perintah kepada Dokter Satgas Lettu Ckm Andrew Agung untuk bergegas menuju kediaman warga di Kampung Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura tersebut.

"Ketika Dokter tiba di kediaman, kondisi kepala bayi sebagian telah terlihat sehingga dengan cepat Dokter Satgas bersama tim kesehatan membantu proses persalinan." terang Dansatgas.

Ditambahkan Lettu Ckm Andrew Agung bahwa persalinan darurat yang ia lakukan bersama tim kesehatannya merupakan tindakan yang paling tepat.

"Dengan peralatan kesehatan terbatas, kami lakukan persalinan di kediaman, karena kondisinya tidak memungkinkan untuk dibawa ke puskesmas yang jaraknya cukup jauh. Puji syukur pada pukul 18.00 WIT putra kedua Bapak Demeterius Aom lahir dengan selamat dan sehat." jelasnya. 

Isak tangis dan suasana haru pun menyelimuti seisi rumah yang dipenuhi sanak saudara dari keluarga Demeterius Aom.
Rasa syukur dan ungkapan terimakasih pun disampaikan oleh suami wanita tersebut, Demeterius Aom kepada pihak Satgas Yonif MR 413 Bremoro atas upaya bantuan persalinan istrinya serta kelahiran putra keduanya itu.

"Jika berkenan kami sematkan nama Bremoro pada putra tampan Bapak dan Ibu agar selalu ingat dengan kami sehingga tali silaturahmi akan tetap dan terus terjaga." pungkas Lettu Ckm Andrew Agung.

(Pewarta : Kacuk Legowo)

Related News

Loading...
loading...