Sebelum Kerja, Warga Mendapatkan Brifing dari Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap

Kamis, 10/10/2019 - 00:27
Warga Mendapatkan Brifing dari Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap
Warga Mendapatkan Brifing dari Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap

Klikwarta.com, Cilacap – Tak ubahnya seperti kegiatan sebuah pekerjaan proyek kontruksi berskala besar, dalam praktiknya, pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap yang dipusatkan di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, melaksanakan beberapa tahapan seperti, perencanaan program dan persiapan dalam pelaksanaannya.

Satgas TMMD harus mempersiapkan program dan persiapan harian jelang dilaksanakan kerja bakti setiap pagi hari.
Contohnya saat Seorang Satgas TMMD, Sertu Basuki memberikan penjelasan atau briefing kepada sejumlah warga desa sebelum kerja bakti dimulai pada Rabu (09/10/2019), pagi tadi. Sertu Basuki memberikan petunjuk apa dan bagaimana yang harus dikerjakan pada hari itu.
“Bapak-bapak, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya hari ini. Nanti, kita akan meneruskan kerja bakti di lokasi jalan desa ini. Bersih dan cek lokasi yang akan kita tata material batu terlebih dahulu. Lalu setelah itu, mari kita ambil bebatuan disebelah utara dan dimasukkan ke lokasi jalan desa ini,” papar Sertu Basuki. 

Sejurus kemudian, seorang warga bernama Ratiwan (37) warga Dusun Kaligintung RT 03 RW 03 Desa Cilibang, meminta saran dari Sertu Basuki berkait dengan kebutuhan logistik berupa kapak. “Pak Basuki, kemarin sore sebelum kita bubar, kita telah menemukan adanya akar pohon besar yang berada di lokasi jalan yang akan kita kerjakan. Hari ini kami akan singkirkan, tapi kami butuh sebuah alat kapak,” pintanya.
Sertu Basuki langsung menjawab dengan tegas bahwa Satgas TMMD sudah menyiapkannya. “Kapak sudah kami sediakan, sekarang berada di Posko TMMD, nanti akan saya ambilkan,” jelasnya.
Begitu usai diberikan penjelasan dan petunjuk kerja, Anggota Satgas TMMD dan warga langsung menuju lokasi dan melakukan kerja bakti seperti biasa.
Begitulah situasi setiap waktu di lokasi pelaksanaan TMMD 106 Kodim 0703 Cilacap. Satgas TMMD dan warga manunggal untuk bersama-sama melaksanakan kerja bakti tanpa kenal lelah dan sangat kompak. Hubungan komunikasi antara Satgas TMD dan warga juga terjalin baik serta sangat harmonis. (**)

a

TMMD

 

Related News