Objek Wisata dan Minat Baca Usia Dini Wujud TMMD Bangun Pedesaan

Kamis, 31/10/2019 - 21:20
Objek Wisata dan Minat Baca Usia Dini Wujud  TMMD Bangun Pedesaan
Objek Wisata dan Minat Baca Usia Dini Wujud TMMD Bangun Pedesaan

Klikwarta.com, Cilacap – Hal inilah yang disampaikan Purnomo Edy, SH Kepada Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, saat mendampingi Kasdam IV Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE.MM, meninjau Objek Wisata (OW) Krama Cenil/Beber Fishing Park, di Dusun Beber, Cilibang, pasca menutup TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap. Kamis (31/10/2019).

H

Dijelaskannya singkat kepada awak media yang meliput tentang kondisi awal Krama Cenil, bahwa dulunya hanya bantara Kali Beber yang hanya dijadikan tempat memancing oleh warga setempat dengan semak belukar dan ilalang yang tinggi.

“Gagasan pembangunan objek wisata ini adalah dari Dandim Cilacap saat Pra TMMD awal September 2019 lalu, kemudian dilakukan rembug desa. Warga kami sangat antusias menyambutnya sehingga dilakukan pembersihan bantaran kali dan pembangunan bersama TNI dalam kegiatan karya bakti,” jelasnya.

Dikatakannya lanjut, setelah satu bulan dikerjakan TNI, karang taruna dan masyarakat Cilibang, OW tersebut diresmikan pada 29 September 2019 melalui kontes memancing perdana dengan hadiah utama berupa trophy dan uang pembinaan sebesar Rp. 750 ribu, oleh kontestan asal luar daerah yaitu Kabupaten Banyumas.

Untuk peningkatan pembangunan dilakukan oleh anggota Satgas TMMD saat mulai bertugas (2/10), dengan membangun gazebo, 1 unit mushola, 1 unit MCK, pengadaan Pos Kamling yang dipindahkan dari Dusun Kalirau RT/RW. 02, Cilibang ke Krama Cenil (27/10) dan merehabnya, serta reboisasi dengan pohon produktif berupa mangga, stroberi dan durian bawor.

“Saya selaku pimpinan 816 Kepala Keluarga (KK) mengucapkan terima kasih atas berbagai pembangunan yang dilakukan TNI di Cilibang,” ucapnya mengapresiasi.

Saat ditanya tentang perpustakaan keliling dalam non fisik TMMD, Purnomo Edy menyatakan bahwa kini anak-anak desanya menjadi cinta akan buku dan gemar membaca di sembarang tempat.

Sementara Dijelaskan Dandim/Dansatgas TMMD, Letkol Infanteri Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han), bahwa mungkin inilah program TNI yang dulunya bernama AMD (ABRI Masuk Desa) sejak tahun 1980, yang membangun objek wisata sebagai sasaran tambahan fisik dan menghadirkan perpustakaan andong/delman keliling sebagai sasaran non fisiknya.

Pembangunan pemancingan alam di sungai yang telah disekat tersebut beserta sarana pendukungnya, telah menjadi over prestasi TMMD Reguler selain rehab masjid dan MCK mushola termasuk tempat wudhu.

“Sebenarnya target kami hanya membangun sasaran utama yaitu makadam dilanjutkan pengaspalan hotmix sepanjang 900 meter dan lebar 2,5 meter serta sarana penunjangnya (talud, gorong-gorong dan leneng), serta merehab 20 unit rumah warga kurang mampu (RTLH),” imbuh Wahyo.

Menurutnya juga, pembangunan wisata desa juga memaksimalkan potensi yang dimiliki desa sehingga dapat lebih berdikari kedepannya tanpa harus menunggu bantuan pemerintah. Desa akan mendapatkan pemasukan/kas desa dari retribusi parkir dan tiket masuk, sedangkan masyarakat desa setempat dan sekitarnya akan terbantu ekonomi dari kegiatan menjual jasa, hasil bumi serta kerajinan lokal di Krama Cenil.

Sedangkan untuk perpustakaan mobil dan delman keliling, merupakan terobosannya untuk meningkatkan literasi khususnya usia dini (PAUD) dan pelajar sekolah. Pasalnya, kebiasaan anak-anak setempat sama seperti anak kebanyakan yaitu kurang berinteraksi dengan teman karena sibuk bermain game online di gadget.

Ditambahkannya, Serka Yatiman, salah satu anggotanya (Satgas TMMD – red) sekaligus Babinsa setempat dari Koramil 02 Jeruklegi, dipanggil Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Kavaleri Dani Wardhana, S.Sos, MM, M.Han, di Lapangan Upacara Makorem, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (28/10), untuk mendapatkan penghargaan sebagai Babinsa motivator dan inspirator, karena berhasil membina karakter anak usia dini untuk gemar membaca melalui perpustakaan delman/andong keliling di desa binaannya, yaitu Cilibang.

“Selain dari Bapak Danrem, Serka Yatiman dan rekannya Sertu Mulyono, juga menerima penghargaan dari Bapak Kasdam IV Diponegoro saat upacara penutupan TMMD di lapangan desa,” pungkasnya.

Sedangkan Rasimin, S.Pd, M.PD, Kepala Sekolah SDN 01 Cilibang, mewakili para kepala sekolah, guru dan tenaga pengajar SD lainnya, mengucapkan banyak terima kasih atas pendampingan belajar mengajar melalui berbagai materi Wasbang (Wawasan Kebangsaan) dan bela negara, yang telah diberikan anggota Satgas TMMD.

Senada diungkapkan Harsini (40), guru PAUD Al Hikmah Cilibang, bahwa motivasi membaca dengan buku-buku bacaan dan bergambar yang dibawa andong perpustakaan keliling, menjadi daya tarik anak didiknya karena bisa sambil memegang kuda yang jarang ditemui di Cilibang.

“Dengan rajin membaca buku yang merupakan sumber dari segala sumber ilmu pengetahuan, maka anak didik kami menjadi lebih mudah menangkap materi pelajaran yang diberikan dan mulai cakap menulis. Terima kasih TMMD,” ujar Harsini. (Aan Setyawan)

a

TMMD

 

Related News