Sejumlah Warga Papua Ikut Pawai Budaya, Plt Wali Kota Blitar : 'Itu Bentuk Bangun Kebersamaan Lintas Daerah'

Sabtu, 24/08/2019 - 15:41
Siswa SMAK Diponegoro Kota Blitar Asal Papua Bersama Pihak Sekolah Sebelum Mengikuti Pemberangkatan Pawai Budaya
Siswa SMAK Diponegoro Kota Blitar Asal Papua Bersama Pihak Sekolah Sebelum Mengikuti Pemberangkatan Pawai Budaya

Klikwarta.com, Blitar - Sejumlah siswa SMAK Diponegoro Kota Blitar asal Provinsi Papua ikut Pawai Budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Sabtu (24/08/2019).

Mereka dilibatkan oleh pihak sekolah untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 74, melalui salah satu rangkaian kegiatan yang dihelat Pemkot Blitar itu.

Plt Wali Kota Blitar Santoso mengatakan, keikutsertaan siswa SMAK Diponegoro Kota Blitar asal Papua di Pawai Budaya itu menjadi bukti jika Kota Blitar mengedapankan rasa nasionalisme serta kerukunan sesama bangsa Indonesia dan anti terhadap rasisme.

"Itu salah satu bentuk kita membagun kebersamaan lintas daerah, termasuk warga Papua, itu salah satu bagian rakyat Indonesia, maka kita libatkan juga mereka agar menjadi bagian satu kesatuan yang tak terpisahkan," jelas Plt Wali Kota Santoso kepada pewarta klikwarta.com di kantor Wali Kota Blitar.

Sementara salah satu guru SMAK Diponegoro Kota Blitar, Anik, yang mendampingi peserta Pawai Budaya dari sekolahnya mengatakan, siswanya asal Papua itu sangat antusias dan menikmati sekali mengikuti pawai budaya.

Dikatakannya, sejumlah siswa Papua tersebut diberikan kesempatan untuk menampilkan kekayaan adat istiadat daerahnya untuk ditampilkan di Pawai Budaya.

"Jadi tidak ada istilah membeda-bedakan ras. Mereka juga sangat antusias dan semangat ikut pawai budaya ini. Terkait isu permasalahan kemarin (isu rasisme), mereka sama sekali tidak terpengaruh. Kita sangat rukun sekali penuh kekeluargaan," katanya. (Faisal / Hms / Adv)

a

TMMD

 

Related News