Semangat Toleransi Kembali Bergema GKMI Winong dan Takmir Masjid Al Muqorrobin

Sabtu, 15/10/2022 - 09:19
Sarasehan bersama pengurus GKMI dan takmir  Masjid Al Muqorrobin  gelorakan semangat toleransi
Sarasehan bersama pengurus GKMI dan takmir Masjid Al Muqorrobin gelorakan semangat toleransi

Klikwarta.com, Pati - Gereja GKMI Winong dan Masjid Al - Muqorrobin yang terletak di RT 14 / RW 03 Desa Winong Kecamatan Pati Kab. Pati kembali menggemakan semangat toleransi dengan diselenggarakannya acara Sarasehan Bersama dengan mengambil tempat di teras gereja yang sekaligus menyatu dengan masjid Al-Muqorrobin. Jum'at (14/10/2022).

Pendeta Didik Hartono dari GKMI Winong mengatakan kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan moment dimana gereja GKMI Winong mendapatkan kunjungan dari seorang dosen yang berasal dari Anabaptist Mennonite Biblical Seminary ( AMBS ) - USA, yaitu Jacqueline Hoover, MA. 
Acara yang dimulai jam 19.30 Wib ini dihadiri juga oleh majelis gereja GKMI Winong, perwakilan Takmir Masjid Al-Muqorrobin, Kepala Desa Winong, Ketua RW 03, Ketua RT serta para tokoh masyarakat sekitar gereja dan masjid, dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Kristen Wiyata Wacana (STAKWW) Pati, serta tidak ketinggalan Ust. Sapta Rachmanuddin bersama para santrinya.

Kegiatan sarasehan ini diselenggarakan berangkat dari kerinduan Jacqueline Hoover, MA selaku dosen  mata kuliah Islamologi di AMBS untuk belajar semangat toleransi yang  terjalin antara umat Kristen dan Islam di Desa Winong yang tercermin dengan berdirinya 2 tempat ibadah ( masjid dan gereja yang berdampingan - bahkan disatukan dengan atap kanopi ).

.

Melalui sarasehan ini Jacqueline menyatakan sangat bersyukur dan merasa terberkati ketika melihat semangat toleransi yang terjalin bersama oleh umat Kristen dan Islam di desa Winong dan akan membawa semangat toleransi ini di negaranya dan dimana dia hidup dalam dunia pendidikan. 

" Bagi GKMI Winong dan masjid Al - Muqorrobin, kesempatan untuk menggemakan semangat toleransi kepada dunia tidak hanya pada acara sarasehan ini saja, karena pada bulan Juli 2022 yang lalu gereja GKMI Winong juga mendapatkan kunjungan tamu dari USA yang ingin belajar tentang semangat toleransi," ungkap Didik.

.
Santrimo salah seorang Takmir Masjid Al Muqorrobin yang hadir dalam kesempatan itu menyambut baik dengan adanya sarasehan ini.

" Selamat datang dan salam toleransi dari kami kepada semua yang hadir, kami sangat antusias dan menyambut baik dengan adanya kegiatan ini," Ungkap Santrimo.

.

Sedangkan Kades Winong Wicaksono Bowo Leksono mengungkapkan toleransi bermasyarakat dan hidup berdampungan sangat kental di Desa Winong ini.

" Kami selaku pemerintah desa mengucapkan banyak terima kasih kepada pengurus gereja dan takmir masjid yang saling berkomunikasi dan saling menghargai satu sama lainnya, ini sebagai contoh indahnya kebersamaan dalam perbedaan di kehidupan warga Winong," ungkapnya. (Ddk/m@s)

Pewarta m@s

Related News