Semaraknya Pawai Kebangsaan yang Diikuti Warga Kota Blitar

Minggu, 25/08/2019 - 22:50
Pawai Kebangsaan di Kota Blitar dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 Minggu (25/08/2019).
Pawai Kebangsaan di Kota Blitar dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 Minggu (25/08/2019).

Klikwarta.com, Blitar - Pawai Kebangsaan yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar pada hari Minggu (25/08/2019), tidak kalah meriah dan semarak dibandingkan dengan Pawai Kebangsaan yang diadakan kemarin Sabtu (24/08/2019).

Bedanya, jika yang kemarin peserta Pawai Kebangsaan diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Blitar dan instansi vertikal, kali ini peserta pawai Kebangsaan diikuti perwakilan masyarakat setiap kelurahan di Kota Blitar.

"Ini menjadi kesempatan pemerintah untuk mengenalkan potensi-potensi yang ada di Kota Blitar. Pawai kebangsaan ini juga sebagai ajang hiburan murah meriah bagi masyarakat. Diharapkan masyarakat bisa terhibur," jelas Plt Walikota Blitar, Santoso, kepada klikwarta.com sebelum membuka dan memberangkatkan Pawai Kebangsaan. 

Dikatakannya, seluruh elemen masyarakat di Kota Blitar memeriahkan Pawai Kebangsaan yang digelar Pemerintah (Pemkot) Blitar. Pawai hari kedua itu memang khusus untuk masyarakat umum. 

Plt Wali Kota Blitar Santoso hadir membuka agenda tahunan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 itu. Orang nomor satu di lingkup Pemkot Blitar itu juga sekaligus memberangkatkan peserta pawai tepat pukul 12.30 WIB. 

Sebanyak 57 peserta dari berbagai kelompok masyarakat turut serta dalam pawai kebangsaan itu. Mereka menunjukkan kreatifitas melalui kostumnya hingga replika yang dibawa. Mulai dari ogoh-ogoh, replika tank, sampai replika ikan koi. Tak hanya orang dewasa yang ikut melainkan juga anak-anak.

Santoso mengatakan, pawai tersebut memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa berekspresi dan berkreasi. Masyarakat diberikan ruang melalui pawai tahunan ini agar lebih bersemangat dalam meningakatkan kreatifitas dan inovasinya.

"Sehingga mereka mampu memberikan suguhan hiburan yang baik. Tak sekedar jadi tontonan tapi juga tuntunan," ulasnya. 

Dengan pawai tersebut diharapkan bisa menumbuhkan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme. Rasa cinta terhadap tanah air masyarakat bisa semakin tumbuh kuat melalui suguhan karya anak bangsa. Terutama dibidang seni dan budaya.

(Faisal / Hms / Adv)

TMMD

 

Related News