Tiga Pesawat Sukhoi Kembali Perkuat Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin

Kamis, 29/09/2022 - 16:00
Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI David Yohan Tamboto usai menerbangkan pesawat Sukhoi dari Lanud Iswahjudi. Kamis (29/9)
Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI David Yohan Tamboto usai menerbangkan pesawat Sukhoi dari Lanud Iswahjudi. Kamis (29/9)

Klikwarta.com, Makassar - Tiga pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, Kamis (29/9/2022) untuk kembali memperkuat Skadron Udara 11 Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin. Satu Flight Sukhoi Su-27/30 dengan Call Sign Thunder Flight itu diterbangkan dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Madiun setelah sebelumnya dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima.

Pada penerbangan tersebut, Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI David Yohan Tamboto, Sos turut menerbangkan salah satu pesawat dengan nomor registrasi TS-3002 bersama Mayor Pnb Satria Tikwana. Sedangkan pesawat kedua TS-2701 diterbangkan oleh Danskadud 11 Letkol Pnb Bambang Baskoro Adi, M.M.O.A.S dan pesawat terakhir TS-3001 diawaki oleh Kapten Pnb Agyd dan Lettu Pnb Rino. 

.

.

Sesaat sebelum mendarat ketiga pesawat juga melaksanakan Flypass di atas shelter Sukhoi dan setelah mendarat secara berurutan ketiganya disambut dengan penghormatan khusus, berupa Water Salute oleh 2 Water Canon, yang merupakan tradisi penyambutan kehormatan sebagai simbol ucapan selamat datang di Lanud Sultan Hasanuddin serta penyiraman air kembang.

Dalam kesempatan itu, Danlanud juga mengungkapkan rasa syukur dan menyampaikan terimakasihnya kepada pimpinan di tingkat Mabesau, Koopsudnas dan Koopsud II serta koordinasi dari pihak-pihak yang terkait sehingga realokasi pesawat Sukhoi Su-27/30 yang menjadi kebijakan pimpinan dapat terlaksana dengan aman dan lancar. 

.

.

“Penugasan kedepan tentunya akan lebih kompleks dan saya yakin dengan kesatuan dan kebersamaan kita, pasti akan terlaksana dengan baik terlebih dengan adanya realokasi tiga pesawat yang memperkuat Skadron Udara 11 dalam menjaga wilayah kedaulatan udara Nasional,” pungkas Danlanud.

(Kontributor : Arif)

Related News