Walikota Santoso : 'Idul Adha Momen Tepat Tingkatkan Kebersamaan dan Kepedulian Sosial'

Jumat, 31/07/2020 - 08:48
Walikota Santoso (dua dari kanan) menyerahkan seekor Sapi ke Ketua Ta'mir Masjid Agung Kota Blitar (foto: Faisal NR / Klikwarta.com)
Walikota Santoso (dua dari kanan) menyerahkan seekor Sapi ke Ketua Ta'mir Masjid Agung Kota Blitar (foto: Faisal NR / Klikwarta.com)

Klikwarta.com | Kota Blitar - Walikota Blitar Santoso menilai makna hari raya Idul Adha atau Idul Qurban sebagai kesempatan untuk meningkatkan nilai kebersamaan dan kepedulian kepada sesama.

Pemaknaan yang ia bangun itu merujuk kepada realitas sosial yang terjadi saat ini, pandemi Covid-19 mengharuskan umat untuk meningkatkan perjuangan melawan penyebaran wabah yang di sisi lain sekaligus berjuang memperkokoh ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Walikota Santoso mengungkapkan, momen Idul Adha ini bisa dimaknai sebagai kesempatan untuk memperkuat kepedulian jiwa sosial melalui saling tolong menolong, bantu membantu antar warga masyarakat yang bisa meningkatkan rasa solidaritas. 

"Bagaimana hikmah yang bisa kita ambil seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sebagai bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT. Secara tidak langsung bagaimana lebih meningkatkan rasa jiwa sosial kita ini saling bantu membantu, tolong menolong khususnya kepada sesama ummat terlebih kepada fakir miskin," jelas Walikota Santoso dihubungi Wartawan seusai shalat Idul Adha di Masjid Agung Kota Blitar, Jumat (31/07/2020).

Sehingga, lanjut dia, apresiasi meneladani sikap peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail adalah peningkatan rasa kebersamaan dan kepedulian sosial. Ia juga mengimbau kepada petugas penyembelihan dan pendistribusian daging kurban, untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya klaster baru penyebaran virus Korona atau Covid-19.

"Disaat kita hidup dalam kondisi pandemi Covid-19, mari tetap menjaga protokol kesehatan baik saat penyembelihan atau pembagian. Jadi jangan sampai nanti dengan peristiwa ini malah menambah klaster baru penyebaran Covid-19," tukasnya. 

Ia menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menyumbangkan satu ekor Sapi dan lima puluh tiga ekor Kambing yang disebarkan di seluruh masjid-masjid di kota Blitar. Harapannya, masyarakat kota Blitar yang berkategori berhak menerima daging kurban bisa ikut menikmati.

Pantauan pewarta Klikwarta.com di lokasi, jajaran Forkopimda Kota Blitar, Sekda Pemkot Blitar, Ketua MUI, Ketua FKUB Kota Blitar, hingga jajaran pejabat terkait di lingkungan Pemkot Blitar ikut bersama menjalankan ibadah shalat Idul Adha bersama Walikota Santoso. 

(Pewarta : Faisal NR / Adv)

Related News

Loading...

pers

loading...