Bertemu Ketua Bawaslu, Korwil II GMKI Siap Pantau Pemilu 2019

Bertemu Ketua Bawaslu, Korwil II GMKI Siap Pantau Pemilu 2019
Bertemu Ketua Bawaslu, Korwil II GMKI Siap Pantau Pemilu 2019
Polda-SMSI Bengkulu.
Polda Bengkulu

Klikwarta.com - Koordinator Wilayah II Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Reinal T Sibarani bersama jajaran Badan Pengurus Cabang GMKI Bengkulu melakukan pertemuan dengan Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harap di kantor Bawaslu, Kamis (13/12/2018).

Dalam pertemuan itu, antara GMKI dan Bawaslu sepakat untuk bekerjasama dalam memantau Pemilu 2019. Tak hanya memantau Pemilu, GMKI juga akan bersama-sama mensukseskan Pemilu 2019. 

Ada tiga hal yang akan menjadi fokus GMKI, yakni menjaga hak-hak pemilih difabel, isu ujaran kebencian dan hoaks, sosialisasi pemilih pemula.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap menyambut baik atas keinginan GMKI berperan dalam suksesi Pemili 2019. Dia berharap GMKI bersama-sama elemen masyarakat lainnya mensukseskan Pemilu 2019.

"Kita bersyukur GMKI Bengkulu ikut andil, hal ini akan memberikan dampak nyata dalam mensukseskan Pemilu 2019. "Pemilu 2019 akan berlangsung alot, sebab ada lima pemilihan langsung, kita bersama-sama mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, diantaranya kecurangan yang mungkin terjadi selama proses Pemilu 2019. Dengan terbentuknya lembaga pemantau Pemilu yang diinisiasi GMKI, maka kita berharap GMKI menjadi garda terdepan dalam mengawal, memantau dan mensukseskan Pemilu 2019," kata Parsadaan Harahap.

Dalam kesempatan yang sama, Korwil II GMKI wilayah Sumbagsel yang membawahi Bengkulu, Jambi, Palembang, Lampung dan Pangkal Pinang berharap agar para kader dan pengurus dapat mengumpulkan data terkait pelanggaran-pelanggaran selama proses Pemilu 2019.

"Pemilu 2019 sudah semakin dekat dan tentu kita tidak berharap akan adanya pelanggaran dan kecurangan selama proses pemilu berlangsung, namun belajar dari pemilihan-pemilihan sebelumnya sudah banyak terjadi pelanggaran dan tindak kecurangan. Ini tentu akan berdampak pada pemilihan dan GMKI siap untuk memantau dan mengawasi hal-hal tersebut supaya kita dapat meminimalkan, mencegah bahkan melaporkan pelanggaran dan tindak kecurangan tersebut. Saya pun berharap kepada GMKI yang ada di Wilayah II Sumbagsel agar kita bersama-sama untuk mencari dan mengumpulkan data-data terkait pelanggaran dan tindak kecurangan selama proses pemilu mulai dari sekarang," kata Reinal T Sibarani. [Rls]

Dibaca: 12 kali

Related News