Bincang Kualitas Kopi di Kedai Kopi Luak Bengkulu

Minggu, 31/03/2019 - 18:00
Riki (kiri) dan Caleg DPRD Kota Bengkulu Erlan Oktriandi (kanan) saat berbincang-bincang soal kualitas kopi Bengkulu
Riki (kiri) dan Caleg DPRD Kota Bengkulu Erlan Oktriandi (kanan) saat berbincang-bincang soal kualitas kopi Bengkulu

Klikwarta.com - Bicara kualitas kopi, tentu tak terlepas dari cara memproduksi kopi secara baik dan juga dalam peracikannya.

Pemilik Kedai Kopi Luak Bengkulu di Jalan Kapuas Raya, Riki sapaan akrabnya menuturkan, untuk menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi bergantung pada cara panen, penjemuran serta dalam peracikannya.

"Bicara kopi, ya harus spesialitas. Artinya, kopi yang dihasilkan benar-benar berkualitas. Nah, disitu dari mulai cara panen juga harus diperhatikan, begitupun dengan penjemurannya. Sehingga kopi yang diolah nantinya benar-benar berkualitas", ujar Riki saat bincang sore bersama Caleg DPRD Kota Bengkulu dari partai Gerindra nomor urut 2, Erlan Oktriandi dan juga Sekretaris SMSI Bengkulu Wibowo Susilo, Jumat (29/03).

Menurut Riki, saat panen, kopi yang berkualitas adalah dengan cara memetik satu per satu. Kemudian saat penjemuran harus 1 meter diatas tanah. 

"Jadi memetik kopi tidak boleh sembarangan, satu per satu. Saat menjemur juga 1 Meter dari permukaan tanah. Sehingga akan menghasilkan kopi berkualitas", jelas Riki yang sudah lama menggeluti bisnis kopi ini.

Ia menceritakan, hanya kopi Bengkulu yang memiliki rasa coklat. "Secara kualitas apabila diolah dengan baik, kopi Bengkulu mampu bersaing di dunia. Kopi kita ini rasanya khas, ada rasa coklat, ini tidak dimiliki didaerah lain", ungkapnya.

Lanjutnya, untuk benar-benar menikmati rasa kopi Bengkulu tentu ke jenis kopi Arabika. "Kalau mau tahu rasa kopi Bengkulu, ya ke jenis kopi arabika, karena tidak ada campuran rasa lainnya", katanya.

Ia pun mengaku akan mengembangkan bisnis kopi di luar daerah. "Kami akan membuka kedai kopi diluar daerah. Untuk Kota Bengkulu sendiri, kami akan membuka dua lagi", kata Riki.

erlan oktriandi
Caleg DPRD Kota Bengkulu dari partai Gerindra nomor urut 2, Erlan Oktriandi saat menikmati kopi luak Bengkulu

Sementara Caleg DPRD Kota Bengkulu Erlan Oktriandi mengatakan kopi Bengkulu memang sudah waktunya dibawa ke luar daerah. Menurutnya, pemerintah Provinsi Bengkulu harus terus mendorong komoditas unggulan ini hingga mendunia. 

"Apa yang telah dilakukan pemerintah Provinsi Bengkulu saat ini sangat baik untuk mendorong salah satu komoditas unggulan ini untuk memiliki pasar yang potensial. Namun, spesialitas tentu harus diperhatikan. Baik kopi arabika maupun kopi robusta Bengkulu harus terus di kembangkan dan ditingkatkan produksinya, sehingga mampu menumbuhkan perekonomian yang lebih baik", katanya.

Senada dikatakan Wibowo SUsilo, soal kopi Bengkulu memang harus jelas dalam kualitas dan pemasarannya. "Jadi bukan hanya kopi, namun kopi yang berkualitas tinggi. Sehingga dalam pemasarannya akan berhasil dengan baik", singkatnya. (LJ)

TMMD

 

Related News