Darurat Sampah, Bupati Wihaji Berdma Forkopimda Bersih-Bersih Sungai

Jumat, 22/11/2019 - 17:45
Bupati Wihaji Berdma Forkopimda Bersih - Bersih Sungai
Bupati Wihaji Berdma Forkopimda Bersih - Bersih Sungai

Klikwarta.com, Batang - Sampah menjadi masalah klasik di setiap daerah, tidak terkecuali kota Batang sampah menjadi pemandangan tidak sedap di saluran Sungai Sambong yang tepatnya di Kelurahan Karangasem Utara.

K

Sampah tersebut berpotensi menjadi biangnya banjir di Kota Batang, pasalnya tumpukan sampah menutup dan menyumbat aliran sungai pada saat musim penghujan.

"Gunungan sampah ada dibeberapa titik - titik saluran air sungai yang menyumbat aliran sungai. Maka sebelum musim penghujan saya bersama komunitas bersih - bersih sampah," kata Bupati Batang Wihaji.

Perlu di sadari oleh masyarakat, masalah sampah tidak bisa di kerjalan oleh Pemkab saja, harus ada peran keterlibatan masyatakat yang peduli dengan lingkunganya untuk bersama menjaga sungai agar terbebas dari sampah.

"Gerakan ini sebagai inspirasi saja, kedepan saya perintahkan lurah, camat bersama masyarakat secara rutin bersihkan sampah di saluran sungai dan titik - titik penyumbatan ," perintah lesan Wihaji.

U

Gerakan ini sebagai langkah antisipasi banjir, karena Batang terutama Kelurahan Karangasem Utara, Desa Klidang Lor dan Desa Kalipucang menjadi langganan banjir tiap tahun.

"Saya berkeingnan agat sungai di Batang menjadi halaman depan rumah warga, tidak lagi menjadi halaman belakang rumah warga. Karena kalau didepan rumah akan lebih terawat dan terjaga kebersihanya dari pada di belakang rumah," pinta wihaji.

Sementara Kordinator Komunitas peduli lungkungan Budah Laylaily mengatakan, gerakan bersih sampah sebagai motivasi warga, agar berprilaku hidup sehat dan bersih dengan tidak membuang sampah di sungai.

"Sungai menjadi tanggungjawab kita bersama karena kondisi dilapangan sungai menjadi tempat pembuangan sampah, jadi jangan menyalahkan Pemkab kalau banjir," kata  Budah Laylaily.

Ia juga mengatakan kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya sangat kurang sekali, warga masih semena - mena membuang sampah di sungai. 

"Banyak sampah plastik, pempers dan sampah  rumah tangga yang di buang di sungai," tutupnya.

Kegiatan bersih - bersih sampah juga di ikuti oleh Wakil Bupati Suyono, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga dan sejumlah kepala OPD serta komunitas peduli lingkungan.(red/tim)

a

TMMD

 

Related News