Demokrat Duduki Tiga Besar Survei, Emil Dardak: Sudah Terasa di Akar Rumput 

Rabu, 26/10/2022 - 15:42
Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak
Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak

Klikwarta.com, Jatim - Partai Demokrat masuk dalam partai papan atas sesuai hasil survei Litbang Kompas periode Oktober 2022. Partai Demokrat dipilih 14 persen responden dari total 1.200 responden yang dipilih acak dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak mengaku bersyukur karena kerja-kerja kader dan pengurus Demokrat selama ini membuahkan hasil berupa kepercayaan masyarakat. 

"Ini seperti yang kami rasakan saat turun ke tengah masyarakat dan saat bertemu kader. Ada semangat yang luar biasa, yang momentumnya terus bergulir bagaikan efek bola salju," kata Wakil Gubernur Jatim ini dikonfirmasi Rabu (26/10/2022). 

Kepercayaan masyarakat tersebut adalah buah dari konsistensi Partai Demokrat di Jatim khususnya yang rajin dan terus hadir, mendengar aspirasi dan memberi solusi kepada masyarakat. 

"Kita yang duduk di eksekutif dan legislatif bersikap profesional sehingga punya nada perjuangan yang sama untuk mengawal kepentingan masyarakat," jelas suami artis Arumi Bachsin ini. 

Pengurus Partai Demokrat menurut dia dalam setiap kali kegiatan rapat baik bersama Ketua Umum AHY maupun dengan Ketua Dewan Pembina SBY, tidak semata-mata untuk bagaimana memenangkan partai, namun juga membahas kondisi geopolitik hingga ekonomi terkini disertai data-data dan fakta. 

"Dari situ muncullah rekomendasi strategis dan teknis untuk segera diterapkan melalui jalur eksekutif dan legislatif," jelas Emil Dardak. 

Sementara itu Pengamat Politik Universitas Airlangga Fahrul Muzaqqi, menilai naiknya elektabilitas Partai Demokrat sebagai bukti bahwa mesin partai berjalan dengan baik. Terlebih lagi setelah Partai Demokrat berada diluar pemerintah. 

“Selama menjadi oposisi mesin partai benar benar dimaksimalkan. Dari Pusat sampai daerah simultan bergerak,” katanya. 

Selama menjadi oposisi, menurut Fahrul, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) intensif melakukan kunjungan ke daerah menyapa masyarakat dan kader. 

Strategi tersebut dinilai sangat efektif untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Partai Demokrat. “Ketua Umum banyak punya waktu untuk menyapa masyarakat. Jadi indikasi kuat partai ini elektabilitas makin naik,”ujarnya. 

Terlebih lagi, AHY terjun ke Jatim. Bahkan, memilih sekolah di Unair menjadi titik penting bagi kenaikkan partai ini. “AHY sadar betul bahwa harus mengembalikan kepercayaan warga khususnya Jatim,” ujarnya. 

Khusus di Jatim menurut dia, faktor lain naiknya elektabilitas Partai Demokrat tidak lepas dari figur Ketua Emil Elestianto Dardak yang juga Wakil Gubernur Jatim. 

"Emil Dardak tampil dengan gaya pemuda energik dan smart sehingga membuat pemilih muda melirik dan mengagumi Partai Demokrat," tutupnya. (#)

Related News