Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD Bengkulu, Derta Wahyulin: Penanaman Krakter Agama, Modal Dasar Membentuk Generasi Terbaik 

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengukuhkan Bunda PAUD Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin di Balai Raya Semarak Bengkulu.
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengukuhkan Bunda PAUD Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin di Balai Raya Semarak Bengkulu.

Klikwarta.com - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengukuhkan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Bengkulu masa bhakti 2019-2021 di Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (12/3).

Dalam sambutannya, Rohidin menyampaikan Pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagai wadah untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan pembentukan karakter sejak dini, agar anak menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter.

“PAUD membentuk karakter anak sejak dini, pendidikan berkualitas menjadi langkah awal menciptakan generasi emas,” ujar Rohidin saat sampaikan sambutan.

Lanjutnya, kita contoh negara Singapura yang mampu berkembang seperti sekarang, hal itu karena sejak usia dini generasinya mendapatkan pendidikan life skill atau perilaku yang dibutuhkan di dalam masyarakat. Program satu desa satu paud dicanangkan pemerintah, agar membangun anak Indonesia menjadi manusia berkualitas.

"Pendidikan karakter harus mulai ditanamkan sejak dini dari TK/PAUD, sehingga kedepan dapat memetik hasil. Pemerintah terus berupaya membentuk generasi anak Indonesia berkualitas dengan program-program pendidikan terbaik," jelasnya.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga (Dit Bindik Kel), Dirjen PAUD dan Dikmas Sukiman mengatakan anak-anak memiliki tingkat kecerdasan beragam sehingga memerlukan metode pengajaran yang sesuai. Menurutnya, di TK tidak boleh memaksa anak membaca, tulis dan menghitung, semestinya anak-anak didorong untuk mengembangkan daya kreatifnya dan mampu mengembangkan prakarsa dari apa yang dilihat, dirasakan dan didengar. 

"Salah satu metode pendidikan karakter yang dilakukan adalah dengan mengajak anak-anak terlibat dalam pagelaran drama musikal. Ini merupakan cara untuk menerapkan pendidikan karakter cinta bangsa melalui cinta budaya dan hasil karya seni bangsa," katanya.

Sementara itu, Bunda PAUD Derta Wahyulin Rohidin menyampaikan Guru PAUD perlu menanamkan karakter akhlak dan budi pekerti yang baik kepada anak-anak, agar generasi kedepan menjadi generasi emas.

"Anak berkualitas dimulai dari pendidikan anak usia dini, penanaman karakter agama menjadi modal dasar membentuk generasi terbaik demi kemajuan bangsa," ucapnya yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu. (Dimas-MC)

Tags

Related News

B

 

Caleg
Herliardo

 

Benny
Usin