Dinas Kominfo dan Humas Pemprov Ajak SMSI Bersinergi Sukseskan Visit Bengkulu 2020

Foto bersama usai diskusi
Foto bersama usai diskusi
Ndokagawa
Polda-SMSI Bengkulu.
Erlan Oktriandi
Polda Bengkulu

Klikwarta.com - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Benkulu bersama Humas Pemda Provinsi Bengkulu melakukan kunjungan ke Kantor Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu, Kamis (08/11).

Kunjungan ini disambut hangat oleh Ketua SMSI Provinsi Bengkulu Rahimandani, didampingi Sekretaris SMSI Wibowo Susilo, Bendahara SMSI Erlan Oktriandi serta para pengurus SMSI Provinsi Bengkulu. 

Kabag Humas dan Protokol Setda Provinsi Bengkulu Sri Hartika menyampaikan bahwa perkembangan media online sangat pesat. Ini diharapkan mampu mengangkat Provinsi Bengkulu untuk lebih dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

"Bengkulu punya program penting pada 2020, yakni Visit Bengkulu 2020. Dengan pesatnya media online, kita harapkan mampu mensukseskan Wonderful Bengkulu 2020 melalui pemberitaan-pemberitaan yang mengangkat segala potensi dan keindahan yang ada di Bengkulu", ungkap Sri Hartika. 

Ia mengajak kepada awak media untuk mempromosikan keindahan Bengkulu di mata dunia dengan pemberitaan yang bagus dan berkualitas. "Pak Plt Gubernur Bengkulu sangat mengapresiasi media online, beritanya mudah diakses kapan saja. Beliau berharap semua media online di Bengkulu bisa bersinergi untuk mengsukseskan program pemerintah. Tidak hanya dalam hal pembangunan, juga dalam mensukseskan Visit Bengkulu 2020", jelasnya.

Ditambahkan Sri Hartika, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengharapkan media online di Bengkulu, khususnya anggota SMSI, bisa ikut juga andil dalam hal kegiatan tertentu untuk mensukseskan Visit Bengkulu 2020. "Soal kegiatannya apa nanti silahkan didiskusikan lebih lanjut dan disinergikan bersama Pemprov Bengkulu," tandasnya.  

Sementara Ketua SMSI Provinsi Bengkulu Dr Rahimandani mengucapkan terima kasih atas kunjungan pihak Dinas Kominfo dan Humas Provinsi Bengkulu. "Media online di Bengkulu jumlahnya sudah mencapai 78 media dan yang tergabung di SMSI sudah 30-an lebih. Dalam hal ini SMSI akan terus melakukan pembinaan bagi anggota untuk terus meningkatkan kualitas media anggota-anggota SMSI, sehingga mampu menyajikan berita-berita yang berkualitas", ungkapnya.

Disamping itu, kata Rahimandani, Pemerintah Provinsi Bengkulu harus mendukung program-program SMSI. Sebab, SMSI Bengkulu terus mengupayakan kepada pemilik media untuk taat pada regulasi. "Alhamdulillah, sudah 14 media anggota SMSI saat ini terverifikasi Administrasi dan Faktual oleh Dewan Pers, dua diantaranya sudah menerima sertifikat dari Dewan Pers. Ini tentu membuktikan bahwa SMSI memberikan program nyata dalam menaungi perusahaan pers di Bengkulu. Dengan taat regulasi ini akan membuat pers online di Bengkulu lebih berkualitas ke depan", paparnya.

Terkait program pemerintah, tambah Rahimandani, tentu SMSI akan siap untuk bersinergi. "Program-program pemerintah, tentu kami siap untuk bersinergi dalam mensukseskannya. Sebab, pers sendiri punya peran untuk mensuksesnya pembangunan-pembangunan serta capaian-capaian yang dilakukan oleh pemerintah. Masyarakat tahu karena pers menuliskannya, menyampaikannya dalam bentuk pemberitaan yang baik. Nah di era saat ini, media online sangat cepat sekali menyajikannya. Ini menjadi poin penting, dimana media online sangat punya peran penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Untuk itu, kita harapkan Pemerintah Provinsi Bengkulu juga mendukung media online ini untuk lebih maju lagi", tutupnya. 

Senanda disampaikan Sekretaris SMSI Wibowo Susilo, bahwa satu tahun berdirinya SMSI sudah memberikan program nyata, dengan melakukan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kepada para wartawan di Bengkulu, khususnya media online. Ini merupakan program SMSI dalam meningkatkan kompetensi wartawan di Bengkulu sehingga mampu menyajikan berita-berita yang berkualitas. "Selain itu, kami juga sudah melakukan pendataan dan verifikasi kepada media online anggota SMSI secara aturan, agar memenuhi standar profesionalitas perusahaan pers. Sehingga dalam bermitra dengan pihak pemerintah tidak ada kendala lagi", jelasnya.

Disamping itu, Erlan Oktriandi menambahkan bahwa Program positif yang dilakukan SMSI harus didukung Pemprov Bengkulu. "UKW sangat baik untuk kemajuan pers di Bengkulu, pemerintah harus mendukung ini. Pada awal Desember 2018 mendatang, kami akan kembali menggelar UKW lagi. Kita harapkan pemerintah bisa mendukung dan mensuport kegiatan UKW itu nanti", tutupnya. (Ferdi)

Dibaca: 20 kali

Related News

mendes

 

prov