HJK Padang Panjang ke-232 Dimeriahkan Berbagai Acara Besar

Kamis, 01/12/2022 - 05:05
Jumpa pers Pemko Padang Panjang bersama para jurnalis di ruangan rapat Dinas Komunikasi dan Informatika.
Jumpa pers Pemko Padang Panjang bersama para jurnalis di ruangan rapat Dinas Komunikasi dan Informatika.

Klikwarta.com, Padang Panjang - Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-232 pada 1 Desember 2022, dimeriahkan dengan berbagai acara besar. Hal tersebut disampaikan saat jumpa pers Pemerintah Kota (Pemko) bersama insan pers Kota Padang Panjang, di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika, Rabu (30/11/2022) kemarin.

Berbagai acara besar tersebut diantaranya, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XL-2022 tingkat Kota Padang Panjang, Tablig Akbar dalam rangka penutupan MTQ dan menyambut HJK, Tambo Art, Padang Panjang Art Fest II-2022, Temu Penyair Asia Tenggara II-2022 dan Rapat Paripurna di DPRD. Beberapa acara tersebut, ada yang sudah selesai dilaksanakan, sedang berlangsung dan akan dilaksanakan.

Jumpa pers dipimpin Kepala Dinas Kominfo Ampera Salim, yang turut dihadiri Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Maiharman, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Yan Kas Bari, Ketua Pelaksana TPAT II-2022, Ubai Dillah Anshori.

Ampera menjelaskan, MTQ sudah digelar pada 28 hingga 30 November dan diikuti sebanyak 545 peserta dari tiga kafilah. Yaitu Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Padang Panjang Timur (PPT) dan Lembaga PengembanganTilawatil Qur'an (LPTQ). Hasilnya, PPB keluar sebagai juara umum.

“Rapat Paripurna DPRD untuk perayaan HJK ini akan diselenggarakan pada Kamis (1/12) di Gedung DPRD,” jelas Ampera.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Maiharman mengungkapkan, Tambo Art dibuka Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, pada 29 November di GOR Bulutangkis Bancalaweh. Menampilkan 42 karya seni yang terdiri dari lukisan, patung, seni grafis, instalasi, media baru, video art dan kriya. Dilaksanakan hingga 8 Desember mendatang.

“Dari Disporapar, kita melaksanakan Art Fest dari 30 November hingga 2 Desember. Dengan melaksanakan beberapa kegiatan. Di antaranya para pelukis profesional melukis di halaman Islamic Center, lomba vlog, lomba foto dan lomba menulis,” ungkap Maiharman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yan Kas Bari menyampaikan, kegiatan TPAT-II akan dibuka Kepala Perpusnas pada 30 November malam di Auditorium Mifan Waterpark.

“TPAT II-2022 ini kita akan laksanakan hingga 3 Desember mendatang dengan mendatangkan penyair dari enam negara. Di antaranya Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Malaysia, Timor Leste, dan Indonesia. Kegiatannya seperti pembacaan puisi perwakilan negara, dialog sastra, dialog isu sastra dan penampilan kesenian lainnya,” ungkap Yan Kas Bari. 

Usai menjelaskan berbagai acara pada HJK, dilakukan diskusi dengan para jurnalis terkait beberapa acara tersebut. 

(Kontributor: Edwarman)

Related News