Danramil Pahandut Ajak Generasi Muda Tanamkan Kedisiplinan, Kekompakan dan Kecintaan Terhadap NKRI yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 

Rabu, 03/08/2022 - 18:39
Danramil Pahandut Ajak Generasi Muda Tanamkan Kedisiplinan
Danramil Pahandut Ajak Generasi Muda Tanamkan Kedisiplinan

Klikwarta.com, Palangka Raya - Untuk menciptakan generasi muda yang handal secara mental dan berkarakter, Danramil 1016-01/Pahandut Mayor Inf Rudiyanto melaksanakan kegiatan pemberian materi wawasan kebangsaan pada acara Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Para Pelajar SMA Wilayah Palangka Raya yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Walikota, Jalan Diponegoro, Kota Palangka Raya, Rabu 03 Agustus 2022. 

Danramil 1016-01/Pahandut Mayor Inf Rudiyanto menjelaskan bahwa pemberian materi Bela Negara tersebut bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan, kekompakan dan kecintaan terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara serta menciptakan kemanunggalan rakyat dengan TNI. 

“Para pelajar diberikan materi Wawasan Kebangsaan bertujuan agar peserta pelatihan memiliki rasa cinta tanah air dan mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi, sehingga para peserta bisa mengerti dan mampu melestarikan budaya yang ada di Indonesia,” kata Mayor Inf Rudiyanto. 

b

Lanjut Danramil, bentuk Bela Negara dalam kehidupan sehari hari adalah,” Belajar yang rajin dan Jauhi Narkoba, “Karena dapat merugikan diri sendiri dan orang tua serta Bangsa Indonesia,” ikut serta menjaga lingkungan, saling asah, asih, dan asuh, senantiasa saling berkomunikasi dengan setiap komponen masyarakat, Jaga kerukunan umat beragama serta mampu berprestasi dengan membawa nama Bangsa Indonesia di Luar Negeri.” tutur Danramil. 

Danramil menerangkan, era globalisasi telah membuat kehidupan menjadi semakin transparan yang seolah-olah tidak ada lagi pembatas ruang, tempat dan waktu. “Fenomena seperti ini tentu akan membawa berbagai perubahan dalam berpikir, bersikap dan bertindak terhadap masyarakat, bangsa dan negara termasuk generasi muda,” ujarnya. 

“Maksud dari kegiatan ini disamping untuk memberikan bekal pengetahuan praktis, juga untuk menumbuhkan semangat bela negara guna mendorong dan meningkatkan kreasi kepramukaan kepada generasi muda pewaris masa depan bangsa,” ungkap Danramil. 

Danramil Mayor Inf Rudiyanto berharap agar para generasi muda pewaris perjuangan bangsa dapat menjadi manusia berkepribadian luhur, berjiwa Pancasila dan mencintai tanah airnya. 

“Diharapkan generasi penerus perjuangan bangsa memiliki kesadaran bela negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang bertitik tolak pada Lima unsur PPBN yakni kecintaan terhadap tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan kebenaran dan kesaktian Pancasila, rela berkorban demi bangsa dan negara, memiliki kemampuan awal bela negara yang mantap.” tutupnya. (Pendim 1016/Plk)

Related News