Dinkes Prov Gelar Pertemuan Evaluasi Program Pencegahan Pengendalian Penyakit Tingkat Provinsi Bengkulu

Kamis, 04/04/2019 - 11:42
Pertemuan Evaluasi Evaluasi Program Pencegahan Pengendalian Penyakit Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2019
Pertemuan Evaluasi Evaluasi Program Pencegahan Pengendalian Penyakit Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2019

Klikwarta.com - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu gelar Pertemuan Evaluasi Program Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019. Kegiatan orientasi P2P dilaksanakan, (4-6/4/2019) di Hotel Nala Sea Side. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan mengevaluasi program Program Pencegahan Pengendalian Penyakit yang ada di Provinsi Bengkulu, baik oenyakit menular maupun peyakit tidak menular yang ada di Provinsi Bengkulu.

e

Peningkatan status kesehatan masyarakat dilakukan pada semua kontinum siklus kehidupan (life cycle), yaitu bayi, balita, anak usia sekolah, remaja, kelompok usia kerja, maternal, dan kelompok lansia. 
Tujuan indikator Kementerian Kesehatan bersifat dampak (impact atau outcome). Dalam peningkatan status kesehatan masyarakat, indikator yang akan dicapai adalah:

1. Menurunnya angka kematian ibu dari 359 per 100.00 kelahiran hidup (SP 2010), 346 menjadi 306 per 100.000 kelahiran hidup (SDKI 2012).
2. Menurunnya angka kematian bayi dari 32 menjadi 24 per 1.000 kelahiran hidup.
3. Menurunnya persentase BBLR dari 10,2% menjadi 8%.
4. Meningkatnya upaya peningkatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, serta pembiayaan kegiatan promotif dan preventif.
5. Meningkatnya upaya peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat.

f

“Lewat kegiatan ini juga kita berharap penyakit-penyakit dapat ditekan guna mencapai drajat kesehatan yang lebi baik lagi. Kemudian tercapainya target indikator serta meningkatnya kualitas Program Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Tingkat Provinsi Bengkulu taun 2019,” kata Herwan Antoni.

Untuk diketahui, peserta kegiatan ini adalah pengelola program lanjut usia Puskesmas sebanyak 53 orang yang mewakili kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu. (Adv)

Tags
TMMD

 

Related News