Jadi Tersangka, Kepala DKP Bitung Akan Diberikan Pendampingan Hukum LKBH Korpri

Kamis, 05/03/2020 - 14:04
Meiva Lidia Woran SH. MH (Kepala Bagian Hukum dan Pemerintah Kota Bitung)
Meiva Lidia Woran SH. MH (Kepala Bagian Hukum dan Pemerintah Kota Bitung)

Bitung, Klikwarta.com - Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) Korpri akan memberikan pendampingan hukum atau advokasi terhadap Kadis Perikanan dan Kelautan Bitung, Lusje J. Macawalang yang kini berstatus tersangka di Kejaksaan Negeri Bitung.

Bantuan hukum atau advokasi terhadap tersangka kasus pengadaan peralatan pengolahan tepung ikan di Dinas Kelautan dan Perikanan Bitung itu disampaikan langsung oleh Kepala Bagian Hukum, Pemerintah Kota Bitung, Meiva Lidia Woran, SH. MH saat ditemui di  Lantai IV, Gedung Utama Pemkot Bitung, Selasa (03/03) kemarin.

Dikatakannya, advokasi terhadap Macawalang diberikan atas inisiatif dari Pemkot sejak awal setelah diketahui Kadis Perikanan dan Kelautan itu menjalani pemeriksaan di Kejari Bitung, meski sebatas pendampingan administrasi dan konsultasi terkait fungsi kepegawaian.

"Sejak jauh hari, Pemkot Bitung melalui LKBH Korpri sudah menyiapkan pendampingan hukum terhadap yang bersangkutan meski tanpa permintaan atau permohonan dari yang bersangkutan, namun kami sebatas menyiapkan dokumen-dokumen yang mungkin diperlukan dalam pemeriksaan" jelas Meiva, Kabag Hukum sekaligus Ketua LKBH Korpri Pemkot Bitung. 

Lebih lanjut Meiva katakan, sejak kasus ini bergulir hingga pemeriksaannya sebagai tersangka,  Macawalang memang belum pernah mengajukan permohonan pendampingan hukum kepada LKBH Korpri. Kendati demikian, Pemkot Bitung dalam hal ini Bagian Hukum tetap memantau perkembangan kasus dugaan korupsi dana APBN itu. 

"Ada anggota LKBN yang berprofesi pengacara yang akan mendampingi," pungkasnya.

Sementara itu, selama menjalani pemeriksaan sejak berstatus saksi hingga ditetapkan sebagai tersangka, Macawalang dan dua tersangka lainnya hanya didampingi penasehat hukum atau pengacara yang ditunjuk oleh Kejaksaan, yaitu pengacara, Johnson Sengke, SH. (Pewarta : Laode)

Related News

Loading...

pers

loading...