Kasus Dugaan Korupsi DKP Bitung Segera Dilimpahkan ke JPU

Kamis, 05/03/2020 - 13:51
Kasi intelejen Kejari Bitung Budi Kristiarso SH MH
Kasi intelejen Kejari Bitung Budi Kristiarso SH MH

Bitung, Klikwarta.com - Perkembangan kasus dugaan korupsi pengadaan peralatan pengolahan tepung ikan yang menjerat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bitung dan orang lainnya masih terus berproses di Kejaksaan Negeri Bitung.

Setelah memeriksa dua tersangka masing-masing seorang ASN dan seorang kontraktor lalu kemudian terakhir memintai keterangan Kadis selaku Kuasa Pengguna Anggaran di Dinas itu pada hari Senin lalu, Kejaksaan Negeri Bitung melalui Kepala Seksi Intelijen, Budi Kristiarso SH,MH akhirnya menyatakan hasil pemeriksaan untuk ketiga tersangka sudah cukup dan siap dilanjutkan ke tahap dua atau pelimpahan berkas dari jaksa penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Pemeriksaan sudah selesai dan kini dalam tahap pemberkasan, lalu kemudian nanti akan diserahkan ke jaksa penuntut untuk memeriksa BAP hasil pemeriksaan jaksa penyidik. Jika dianggap lengkap oleh jaksa penuntut, proses selanjutnya adalah penyerahan berkas ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Manado untuk disidangkan ," papar Kasi Intel.

Ditanya soal kemungkinan bertambahnya jumlah tersangka, Kristiarso tidak menampiknya dan mengatakan tidak menutup kemungkinan akan seperti itu.

"Tergantung nanti dalam fakta persidangan, jika ternyata para terdakwa menyebut ada nama lain yang terlibat. Tetapi pada pemeriksaan terakhir kemarin oleh jaksa penyidik, mereka (tersangka) tidak menyebut nama lain selain hanya mereka bertiga," ungkap Kristiarso, alumni SMPN 2 Bitung itu.

Diketahui, kasus dugaan rasuah pengadaan peralatan pengolahan tepung ikan dari dana perbantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI itu kini menjerat 3 orang tersangka yakni, Kepala Dinas sebagai Kuasa Pengguna Anggaran atau KPA, seorang ASN selaku Pejabat Pembuat Komitmen atau PPK dan seorang kontraktor sebagai pelaksana pengadaan. (Pewarta : Laode)

Related News

Loading...

pers

loading...