Lestarikan Budaya Seluma, Pemkab Gelar Malam Minggu Besilek

Sabtu, 10/04/2021 - 10:45
 Malam Minggu Besilek
Malam Minggu Besilek

Klikwarta.com, Seluma - Di bawah kepemimpinan Bupati Seluma Erwin Octavian, kebudayaan yang menjadi warisan tak ternilai para leluhur mulai dibangkitkan lagi. Setelah sebelumnya menampilkan tarian adat khas Seluma, Pemerintah Kabupaten Seluma kembali menggelar event kebudayaan, yakni Besilek (Pencak Silat) di Gedung Serasan Seijoan, Malam Minggu (10/4/2021).

Acara Besilek tersebut menampilkan peserta dari empat kecamatan. Dimulai Seluma Utara yang menampilkan Pencak Silat, lalu Seluma Barat dengan Tari Pedang, Tari Siwar, dan juga Pencak Silat. Kemudian Talo Kecil yang menampilkan Tari Pisau Mata Dua dewasa, Tari Pisau Mata Dua anak-anak, Tari Macan, dan Tari Starlat. Terakhir Semidang Alas dengan Tari Mencak (Napa), Tari Pedang, dan Silek Jenuk.

q

Gelaran tersebut merupakan perwujudan konkret Erwin yang ingin menjaga dan melestarikan budaya Seluma.

“Kita memang berkomitmen tentang budaya Seluma, dengan itu kita masukan program Seluma Berbudaya. Ternyata setelah kita gelar acara ini, banyak sekali macam budaya di Seluma. Ini yang harus kita jaga, harus kita lestarikan,” tegasnya.

Pagelaran seni budaya ke depannya akan terus dilanjutkan dengan bergiliran, baik itu antar kecamatan maupun antar desa. Oleh sebab itu, Erwin mengajak segenap masyarakat untuk sama-sama menjaga dan melestarikan ragam budaya yang ada di Tanah Serawai Serasan Seijoan.

f

“Mari kita sama-sama jaga dan lestarikan budaya kita di Seluma ini. Kembali aktifkan dan mari kita ajari-ajari anak-anak muda kita supaya adat budaya kita bisa ada yang meneruskan, jangan sampai punah. Seperti ini bagus sekali untuk besilek anak-anak sudah bisa,” ujar Erwin.

Pada kesempatan itu, peserta pencak silat dari empat kecamatan mendapatkan uang pembinaan dari Bupati dan Wakil Bupati Seluma.

(Wiwik Hadi/Adv)

Related News

loading...