Pangdam Kasuari Ikuti Pengarahan Menko Polhukam di Wilayah Papua

Kamis, 30/05/2024 - 22:02
Pangdam Kasuari Mayjen TNI Haryanto bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto
Pangdam Kasuari Mayjen TNI Haryanto bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto

Klikwarta.com, Manokwari - Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., menghadiri pengarahan yang diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto kepada prajurit TNI dan Polri di wilayah Papua, Jayapura, pada Kamis (30/5/2024).

Pengarahan ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antar aparat keamanan dalam menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah Papua menjelang pesta demokrasi Pilkada serentak.

Pada kesempatan ini, Menko Polhukam meminta TNI-Polri menjaga soliditas dan sinergitas dalam rangka mengamankan pelaksanaan Pilkada 2024.

“TNI-Polri siap membantu kelancaran pilkada serentak dengan mendukung pendistribusian logistik menggunakan alutsista yang ada serta alutsista milik TNI-Polri siap dikerahkan bila penyelenggara pemilu membutuhkan untuk mengirim logistik ke berbagai wilayah di tanah Papua,” ucapnya.

.

Menurutnya cuaca di beberapa daerah, terutama di Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Tengah berbeda dengan daerah lain karena cuaca cerah hanya beberapa jam saja .

"Selain faktor cuaca yang sering berubah di wilayah-wilayah tertentu hanya dapat didarati pesawat berbadan kecil dan helikopter," kata Menko Polhukam.

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam Kasuari menyatakan komitmennya untuk terus memperkuat sinergi antara TNI dan Polri di wilayah Papua. Ia juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk meningkatkan kewaspadaan dan responsif terhadap setiap perkembangan situasi di lapangan.

"Kami akan terus meningkatkan kerjasama dengan Polri dan berbagai pihak terkait untuk memastikan keamanan dan ketertiban di Papua terjaga. Semua prajurit diinstruksikan untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan selalu mengedepankan kepentingan bangsa,” ungkapnya.

Dengan adanya pengarahan ini, diharapkan seluruh prajurit TNI dan Polri di wilayah Papua dapat lebih termotivasi dan memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menjalankan tugas-tugas mereka, serta mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada dengan lebih efektif.

(Kontributor : Arif)

Related News