Rekomendasi Tempat Wisata Terindah di Nusa Tenggara Timur

Rabu, 20/07/2022 - 09:59
Danau Kalimutu. Sumber Gambar: Wikipedia
Danau Kalimutu. Sumber Gambar: Wikipedia

Klikwarta.com - Selain Bali, Nusa Tenggara Timur atau NTT juga merupakan daerah yang mempunyai banyak destinasi wisata. Mulai dari pantai, danau, pulau, tempat-tempat bersejarah, hingga situs-situs budaya. Kepopuleran destinasi wisata NTT bahkan tidak hanya terdengar di Indonesia, tapi juga mancanegara. Cukup banyak pelancong dari luar negeri yang menjadikan NTT sebagai salah satu destinasi liburan mereka.

Seiring dengan semakin populernya pariwisata di NTT, akses menuju ke sana juga semakin dipermudah. Saat ini NTT sudah mempunyai dua bandara internasional yang siap membantu pariwisata di daerah tersebut. Bahkan ketika sampai di bandara, wisatawan juga bisa naik airport transfer atau kendaraan antar jemput bandara untuk menuju penginapan. Transportasi ini tentunya akan sangat membantu wisatawan.

Salah satu destinasi wisata populer di NTT adalah Labuan Bajo. Destinasi wisata yang satu ini begitu populer bahkan hingga ke luar negeri. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan laut dan pemandangan alam yang memukau. Gua eksotis bernama Batu Cermin, Air Terjun Cinca Rua, dan Bukit Cinta merupakan beberapa destinasi yang bisa didatangi saat ke Labuan Bajo. Selain itu, melalui Labuan Bajo wisatawan juga bisa menjelajah pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Tidak hanya Labuan Bajo, masih ada destinasi wisata lain yang tidak kalah cantik untuk dikunjungi, beberapa diantaranya:

Pulau Komodo

A

Selain Labuan Bajo, Pulau Komodo juga termasuk destinasi wisata NTT yang sudah mendunia. Bahkan pulau ini menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia menurut organisasi New 7 Wonders. Dinamakan Pulau Komodo lantaran pulau ini dihuni oleh banyak kawanan komodo. Pulau ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Pulau ini terletak di barat NTT dan berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat.

Di sini, pengunjung bisa melihat langsung pola hidup komodo di alam bebas. Selain melihat komodo, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar pulau, seperti pantai dan bukit. Tidak hanya komodo, di pulau ini wisatawan juga bisa melihat jenis makhluk hidup lain, seperti 1.000 jenis ikan, ratusan terumbu karang, dan tumbuhan laut lainnya.

Desa Megalitik

Kampung Bena atau Desa Megalitik merupakan destinasi wisata yang unik dan menarik. Pasalnya, di desa ini terdapat peninggalan zaman megalitik berupa bebatuan yang tertata rapi. Batuan ini dibentuk menjadi jalan. Menurut masyarakat yang tinggal di desa tersebut, batu tersebut dibangun oleh Dhake dari Aimere. Dia merupakan orang pertama yang membangun jalan megalitik tersebut.

Taman Laut Selat Pantar

Jika di Papua ada Raja Ampat dan di Bunaken ada Taman Laut Komodo, maka di NTT ada Taman Laut Selat Pantar. Taman laut yang berada di Kabupaten Alor ini menyajikan pemandangan alam dan laut yang luar biasa. Taman ini juga menyimpan keanekaragaman terumbu karang yang memukau. Di sini juga hidup beberapa jenis binatang laut yang termasuk kategori langka.

Keindahan bawah laut yang ditawarkan Taman Laut Selat Pantar membuatnya menjadi salah satu destinasi favorit penyelam kelas dunia. Satu hal yang menarik, ketika menyelam di bagian tertentu tempat ini, penyelam akan bertemu dengan hiu dasar laut yang cukup bersahabat.

Taman Nasional Kelimutu

Satu lagi destinasi wisata yang mencuri perhatian dunia adalah Taman Nasional Kelimutu. Di tempat ini terdapat danau tiga warna yang sangat cantik. Kecantikan danau ini semakin terlihat ketika matahari terbit. Selain danau tersebut, di kaki gunung Kelimutu pengunjung juga bisa melihat keindahan alam yang memanjakan mata.

Di Taman Nasional Kelimutu hidup berbagai jenis flora dan fauna. Di tanah seluas 4,5 hektar ini semua flora dan fauna tersebut dikonservasi.

Bukit Warinding

Bukit Warinding merupakan perbukitan yang terdiri dari hamparan savana luas yang menyimpan eksotisme tersendiri. Pemandangan alam di tempat ini akan terlihat lebih indah jika Anda datang pada musim kemarau. Di momen tersebut seluruh permukaan bukit berubah menjadi warna kuning kecoklatan. Pada musim hujan, seluruh permukaan bukit akan berwarna lebih hijau. Jika Anda tertarik berkunjung ke tempat ini, lokasinya berada di Kelurahan Pambotanjara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Desa Wae Rebo

B

Selain Desa Megalitik, Desa Wae Rebo juga sering dikunjungi oleh wisatawan. Desa ini sering disebut sebagai negeri di atas awan. Di desa ini, pengunjung bisa mencari tahu lebih dalam tentang kehidupan tradisional masyarakat Nusa Tenggara Timur. Di sini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menumbuk padi, menumbuk kopi, dan membuat tenun khas Wae Rebo.

Untuk mencapai lokasi wisata ini, pengunjung harus mendaki Gunung Dengan. Waktu tempuh menuju Desa Wae Rebo sekitar 4 - 5 jam perjalanan pendakian. Menariknya, sesampainya di Wae Rebo, pengunjung bisa bermalam di rumah penduduk desa. Dengan begini, wisatawan menjadi lebih tahu tentang kehidupan masyarakat Desa Wae Rebo.

Demikian beberapa pilihan destinasi wisata menarik di Nusa Tenggara Timur. Selain destinasi di atas, masih ada lagi tempat wisata lain yang juga tidak kalah menarik. Bagi Anda yang tertarik untuk datang ke sini, bisa langsung cek tiket pesawat di aplikasi Traveloka.

Related News