Tersangka Pembunuhan Agusman Juga Terlibat Kasus Curas

Sabtu, 27/02/2021 - 12:35
Terduga Pelaku Diamankan
Terduga Pelaku Diamankan

Klikwarta.com, Maluku - Tersangka penganiayaan YW yang mengakibatkan Agusman warga dusun Tihu desa Tahalupu Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten SBB meninggal, juga terlibat kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) yang dilakukan tersangka pada tahun 2018 lalu tempatnya di dusun Ulusadar Desa Waisala Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten SBB. Tersangka adalah aktor dari pencurian dengan kekerasan tersebut, 

"Kejadian terjadi pada, Kamis (22/2/2018) lalu sekira pukul  21.30 WIT, di toko milik korban Aldo Bairatnissa beralamat di dusun Ulusadar Desa Waesala Kec Huamual Kabupaten SBB dan pelaku sempat menghilang dan menjadi DPO Polres SBB", ungkap Kapolres SBB AKPB Bayu Tarida Butar Butar saat konferensi Pers di Mapolres SBB, Kamis (25/2).

Setelah tiga tahun menjadi DPO tersangka akhirnya diringkus Reskrim Polres SBB di Ilat Namlea Kabupaten Buru, tersangka kabur setelah membunuh Agusman warga dusun Tihu desa Tahalupu Kecamatan Huamual Belakang.

Untuk kasus pencurian dengan kekerasan ini tertuang dalam laporan Polisi Nomor : LP-B/06/II/2018/Maluku/Res SBB/Sek Waesala, tanggal 23 Februari 2018, dan Surat Perintah Penyidikan Nomor :SP-Sidik/14/II/2021/Reskrim, tanggal 15 Februari 2021.

"Tersangka Yudin Wally di sangkakan Pasal 365 ayat (1) dan (2) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana, " ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan untuk tersangka lainnya La Ode Abdullah alias La Olop sudah bebas dan dikembalikan ke masyarakat, dan kasus curas ini tetap diproses. Selain itu Kata Kapolres , sejumlah barang bukti hasil pencurian sudah disita dari tersangka La Ode Abdullah alias La Olop berupa, 3 potong tali rafia warna kuning dan biru, 1 dos kardus handphone merk OPPO F5, 1 dos kardus handphone merk SAMSUNG GALAXY Grand Prime, 1 dos kardus handphone merk SAMSUNG SM-B31OE, 1 dus kardus handphone merk nokia 130 dual sim, 2 dos kardus handphone merk nokia 105 dual sim, 1 slop / 8 bungkus rokok surya, 1 buah hp nokia tipe 130 warna hitam, 1 buah hp nokia tipe 105 warna hitam, 1 buah mesin jhonson 15 PK merk suzuki warna hitam, 1 buah tangki minyak jhonson warna merah dan 1 buah selang minyak jhonson warna hitam.

Disampaikannya Kapolres, pelaku melakukan pencurian dengan kekerasan dengan menodongkan senjata tajam ( pisau ) ke arah istri korban dan berkata ” jang bergerak ” dan satu pelaku lain menutup pintu toko dan mengeluarkan benda berupa pistol dan langsung menodong korban.

"Kemudian tersangka YUDI WALLY menyuruh istri korban menuju ke rak jualan, dan ke meja kasir dan tersangka YUDI WALLY mengambil handphone milik korban dan istrinya serta membuka laci dan mengambil uang. "Korban mengenal tersangka saat melakukan aksi pencurian tersebut", ujar Kapolres.

Dari kejadian tersebut korban mengalami kerugian berupa uang tunai sebesar Rp 6.000.000,- (enam juta rupiah), 1 buah cincin emas 3,2 gram, 3 buah kalung emas dengan total berat 15,9 gram, 2 buah leptop, 1 unit Handphone Nokia 105 warna putih, 1 unit Handphone Nokia 130 Hitam, 1 Unit Handphone OPPO F5 warna Gould Samsung Galaxi Grand Primer Warna perak silver, 6 slop rokok gudang garan Surya 16. 

"Dan jumlah kerugian yang dialami korban sekitar Rp 40.000.000", tutupnya. 

(Pewarta : SBR)

Related News

loading...